Lima Bangkai Penyu Terdampar di Batukaras Pangandaran

Lima Bangkai Penyu Terdampar di Batukaras Pangandaran Penyu

www.hu-pakuan.com PANGANDARAN - Penyu adalah kura-kura laut yang ditemukan di semua samudera di dunia. Menurut data para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman Jura (145 - 208 juta tahun yang lalu) atau seusia dengan dinosaurus.

Lima bangkai penyu ditemukan di pantai Batukaras Pangandaran, Jumat (14/8/2020). Penemuan ini mengejutkan masyarakat sekitar karena jarang terjadi kematian penyu dalam jumlah yang cukup banyak.

"Jarang terjadi kematian penyu sebanyak ini, pasti ada sesuatu," kata Giwangsari, salah seorang pemerhati lingkungan sekaligus penangkar penyu di Pangandaran.

Giwang menduga kematian 5 ekor penyu ini akibat terkena jaring nelayan. "Ini seperti terkena jaring rawe senggol," kata Giwang.

Rawe senggol merupakan alat tangkap ikan yang terdiri dari ratusan kail yang dibentangkan. Ikan atau hewan apa pun yang "menyenggol" akan terkait oleh kail atau rawe tersebut.

Giwang menjelaskan kejadian ini sangat disayangkan. Karena pada bulan Juni sampai Desember adalah musim penyu untuk bertelur. Kawanan penyu akan berenang menepi menuju pantai untuk mencari tempat bertelur.

"Naas mereka sampai ke tepi pantai tapi sudah jadi bangkai," kata Giwang. Dia berharap agar nelayan bisa melakukan aktivitas menangkap ikan dengan cara atau alat yang ramah lingkungan, sehingga tidak mengganggu kelestarian ekosistem laut.

Giwang menjelaskan lima bangkai penyu yang ditemukan di pantai Batukaras itu terdiri dari 3 penyu tempayan, 1 penyu hijau dan 1 penyu sisik.

Penemuan bangkai penyu di perairan pantai Pangandaran kerap kali terjadi. Selain akibat tersangkut jaring nelayan, penyebab kematian penyu disebabkan karena memakan sampah plastik.

Editor: Cepasrob

Komentar