Pemkot Sukabumi Tarik Wisatawan dengan Seni Budaya

Pemkot Sukabumi Tarik Wisatawan dengan Seni Budaya Galamedia dan Antara

Sukabumi, PAKUAN - Seni  budaya merupakan harta nasional yang perlu dijaga dan dilestarikan, karena dengan keragaman seni budaya di setiap daerah bisa terbentuknya Negara Indonesia ini. kere ke unikan dan keberagaman seni budaya di indonesia, pemerintah Kota Sukabumi berinisiatif untuk menarik kunjungan wisatawan ke wilayahnya, dengan membuat berbagai pertunjukan seni dan budaya lokal sebagai daya tariknya.

"Harus diakui Kota Sukabumi minim sumber daya alam untuk dijadikan arena wisata, tetapi mempunyai segudang seniman dan budayawan yang bisa mendatangkan wisatawan dengan berbagai pertunjukan seni atau budaya khas daerah ini," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi, Minggu (24/3/2019).

Menurut dia, keberadaan seni dan budaya ini jika dioptimalisasikan maka bisa mendatangkan banyak wisatawan tidak hanya domestik tetapi juga mancanegara. Apalagi saat ini pemerintah sangat memperhatikan para pekerja seni seperti menyediakan workshop dan sesering mungkin melakukan pentas seni dan kebudayaan.

Tentunya jika potensi tersebut digarap maksimal dapat menumbuhkembangkan ekonomi kreatif yang berbasis masyarakat. Sehingga keuntungannya tidak hanya bagi mereka yang terlibat di bidang seni dan budaya saja, tetapi sektor lainnya seperti kuliner.

Kota Sukabumi yang merupakan daerah jasa dan perdagangan juga harus ada kolaborasi antara pariwisata, kesenian, kebudayaan dan kuliner. Oleh karena itu pemerintah terus berupaya agar potensi ini bisa dimanfaakan secara maksimal.

"Banyak kebudayaan dan kesenian yang sudah dipentaskan baik di dalam maupun luar negeri, tentunya ini bisa menjadi peluang dalam meningkakan ekonomi masyarakat," tambahnya.

Fahmi mengatakan kekayaan dan keberadaan seni dan budaya kearifan lokal mulai terkikis dan mulai ditinggalkan generasi penerus bangsa. Oleh karenanya, perlu dilestarikan dan dikembangkan melalui berbagai ajang dan kreatifitas.

Namun pihaknya mengapresiasi kaum milenial yang ada di Kota Sukabumi yang terus mengembangkan dan melestarikan kearifan lokal ini agar tidak terjadi kepunahan. Berkaitan dengan hal itu, para pelaku seni dan budaya harus diberi kesempatan untuk berkreasi, serta dapat menampilkan seni dan budaya yang ditekuni masing-masing dan ini bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Editor: IRSYAD

Komentar