Bawaslu Subang Ingatkan Peserta Pemilu Jangan Curi Start Kampanye

Bawaslu Subang Ingatkan Peserta Pemilu Jangan Curi Start Kampanye

Subang, PAKUAN - BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Subang mengingatkan kepada partai peserta pemilihan umum legislatif (Pileg) terutama para bakal calon legislatif untuk taat aturan kampanye. Sebab, saat ini belum memasuki masa kampanye sehingga para bakal calon untuk tidak melakukan kampanye sebelum waktunya.

“Kita sudah mengirimkan surat himbauan kepada seluruh Pimpinan Parpol peserta Pemilihan Umum tahun 2019 agar taat terhadap ketentuan Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dan PKPU no 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilihan Umum, “kata Ketua Bawaslu Kabupaten Subang, H.Parrahutan Harahap didampingi Komisioner Divisi Hukum, Data dan Informasi, Cucu Kodir Jaelani yang dihubungi Minggu (26/8/18).

Untuk itulah dirinya berharap surat yang telah dikirimkan disosialisasikan kepada jajarannya agar di dipahami dan dilaksanakan demi tegaknya demokrasi yang jujur dan adil. Diakui secara langsung adanya bakal calon legislatif yang berkampanye belum ada, kecuali di media sosial atau pemasangan spanduk yang bisa dikatagorikan kampanye. “Kampanye pemilu 2019 dilaksanakan tiga hari setelah ditetapkan daftar calon tetap (DCT) pada 20 September mendatang. Apalagi belum tentu yang ada di DCS masuk,“ ujarnya.

Dijelaskan, berdasarkan pasal 276 Kampanye Pemilu sebagaimana dimaksud dalam pasal 275 ayat 1 huruf a, b, c, dan d dilaksanakan sejak tiga hari setelah ditetapkan DCTetap anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota untuk pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pasangan Calon untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sampai dengan dimulainya Masa Tenang. Kampanye dimaksud dapat dilakukan melalui pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye Pemilu kepada umum dan pemasangan alat peraga di tempat umum.

Berdasarkan PKPU No 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas PKPU no 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019. Kampanye Calon Anggota DPR, DPD, DPRD serta Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 23 September 2018 sampai 13 April 2019. “Kampanye Pemilu sebagaimana dimaksud dalam pasal 275 melalui iklan media massa cetak, media massa elektronik, dan internet, dan rapat umum dilaksanakan selama 21 hari dan berakhir sampai dengan dimulainya masa tenang,” jelas Ketua Bawaslu Subang.

Sedangkan bila ada hal-hal yang mengarah pada kampanye seperti berupa pemasangan alat peraga kampanye di luar jadwal kampanye merupakan tanggungjawab Dinas Satpol PP dan Pertahanan Sipil karena berkaitan dengan Perda K3. “Surat kita pun sudah ditembuskan ke Kadispol PP,“ pungkasnya.

Ia menyebutkan kalau Bawaslu terus melakukan pengawasan dan membagi tugas koordinasi setiap komisioner dengan Panwascam.

Editor: IRSYAD

Komentar