Ir Yayan Suherlan Pimpin Team Tanggap bencana Pemuda Pancasila Ke Kab. Bogor

Ir Yayan Suherlan Pimpin Team Tanggap bencana Pemuda Pancasila Ke Kab. Bogor

(PAKUAN)

www.hu-pakuan.com - Salah satu relawan Tanggap Bencana MPC PP Kota Bandung ( Alfon ) menjadi bagian dalam BPBD Jabar dan menjabat DANKI Angkatan 2018.

Pemuda Pancasila Kota Bandung memiliki team Tanggap Bencana yang di Pimpin oleh Ketua MPC PP Kota Bandung ( Ir. Yayan Suherlan )

yang turut serta dalam membantu BNPB dan BPBD ke lokasi Bencana di Kab. Bogor perbatasan dengan Banten, dari 11 Desa yang tertimpa Bencana, hanya 2 Desa yang dapat di jangkau karena medan yang sangat sulit di lalui yaitu, Kec. Sukajaya Desa Madang.

Untuk logistik yang dikirimkan ke lokasi Bencana, MPC PP Kota Bandung bersama-sama dengan seluruh PAC PP yang berada di setiap Kecamatan di Kota Bandung, Srikandi PP, KOTI PP ,SAPMA PP , relawan lainnya, bekerja sama dengan Instansi lainnya yang membantu berupa Pakaian layak pakai, obat-obatan, alat-alat tulis, keperluan wanita, makanan dan minuman, dan juga mainan anak yang di pakai untuk Trauma Healing.

Kendala yang di hadapi team relawan Tanggap Bencana MPC PP Kota Bandung sejak tiba di lokasi Bencana saat malam dengan cuaca buruk, hujan sangat lebat disertai petir, kegiatan pada malam kedatangan team relawan melakukan pendistribusian logistik di Posko utama dengan terlebih dahulu dilakukan pendataan oleh Aparat terkait dan Pemerintahan setempat, pada esok pagi harinya team relawan melakukan pendistribusian dan penyaluran barang ke Posko ( tenda ) yang sudah di sediakan oleh BPBD maupun BNPB. Siangnya team relawan melakukan evakuasi korban di daerah yang masih terjadi longsor.

Team Tagana ( tanggap bencana ) yang di miliki MPC PP Kota Bandung sejumlah 50 orang relawan, sedangkan yang di terjunkan ke lokasi bencana di Kab. Bogor sejumlah 7 orang relawan yang sudah memiliki pengalaman dan keahlian khusus dalam melakukan tugas Tanggap Bencana di lapangan. Rute perjalanan yang dilalui oleh team relawan masih terjadi longsoran disertai jatuhan batu besar di beberapa titik dan sangat licin untuk dilalui oleh kendaraan, sempat di alami kendaraan team relawan tergelincir dan berputar tak terkendali. Team dibagi menjadi 3 Unit kendaraan, satu Unit yang menuju ke lokasi Bencana, dan dua Unit kendaraan lainnya membantu team BPBD.

Team relawan menyelesaikan tugas hingga tanggal 15 malam dan kembali ke Bandung.

Pesan dari team relawan terhadap masyarakat pada umumnya : jadilah relawan itu bukan pada saat terjadi Bencana saja, tetapi bisa melakukan penyuluhan, pencegahan itu dari sekarang dengan memelihara lingkungan dengan hal-hal kecil seperti penanganan sampah, penanaman dan perawatan pohon, yang intinya mitigasi terlebih dahulu dimulai dari diri sendiri.

Dengan kepemimpinan Ketua MPC PP Kota Bandung ( Ir. Yayan Suherlan ) dapat memberikan semangat dan membentuk team relawan Tanggap Bencana yang luar biasa yang berperan serta nyata dalam misi kemanusiaan.

Editor: iboy

Komentar