Memasuki Tahun 2020, Dinas Kehutanan Jawa Barat Menyiapkan 10,8 juta Bibit Gratis

Memasuki Tahun 2020, Dinas Kehutanan Jawa Barat Menyiapkan 10,8 juta Bibit Gratis

(PAKUAN)

www.hu-pakuan.com Memasuki tahun 2020, Dinas Kehutanan Jawa Barat telah menyiapkan 10,8 juta bibit tanaman gratis untuk dibagikan kepada masyarakat di daerah lahan kritis. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Epi Kustiawan mengatakan ini merupakan salah satu upaya penanggulangan lahan kritis di beberapa daerah di Jawa Barat.

Epi menargetkan satu hektare lahan kritis di Jawa Barat bisa ditanami oleh 400 pohon. Nantinya pendekatan yang digunakan adalah sistem wanatani atau agroforestry. Pengelolaan sumber daya akan dipadukan dengan kegiatan pengelolaan hutan atau pohon kayu-kayuan dengan penanaman komoditas atau tanaman jangka pendek, seperti tanaman pertanian.

"Tahun ini kami sudah disiapkan 10,8 juta bibit gratis, dengan berbagam jenis baik pohon mapun buah-buahan. Ini untuk seluruh wilayah di Jawa Barat. Kami punya standar per hektare itu ditanami 400 pohon," ujar Epi  Senin (6/1/2020).

Selain membagi bibit tanaman, saat ini Dinas Kehutanan Jabar juga melakukan rehabilitasi hutan lahan. Ditargetkan tahun ini rehabilitasi hutan dan lahan dapat dilakukan sebanyak 211 hektare.

Epi berharap masyarkat bisa membantu untuk berpartisipasi menanggulangi permasalahan lahan kritis di Jawa Barat. Untuk mendapatkan bibit tanaman secara gratis, masyarakat bisa mengakses aplikasi "e-tanam" yang dibuat oleh Dinas Kehutanan.

"Dengan menanam pohon, Insyaallah akan membantu lingkungan. Selain itu ada juga nilai ekonomisnya. Karena kami berprinsip bahwa lahan kritis itu bukan kendala atau masalah, tetapi sebuah potensi. Maka dari itu kami dorong masyarakat bisa berpartisipasi," pungkas Epi.

Editor: iboy

Komentar