Gundulnya KBU Membuat Aliran Air Hujan Tidak Diserap Bumi

Gundulnya KBU Membuat Aliran Air Hujan Tidak Diserap Bumi

(PAKAUN)

www.hu-pakuan.com BANDUNGKawasan Bandung Utara (KBU) khususnya di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung kondisi lahannya berbukit-bukit. Berada di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut, Kota Bandung terhampar luas.

Hanya saja, kondisi lahan berbukit-bukit itu, mayoritas sudah gundul.  mulai dari Padasuka, Kota Bandung hingga kawasan wisata Tebing Keraton, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung pada Selasa (3/12/2019) sepanjang kira-kira 10 km.

Kawasan itu juga jadi hulu bagi Sungai Cikapundung hingga Cidurian.

 di sepanjang jalan desa itu, hamparan bukit didominasi perbukitan gundul. Bukit itu ditanami berbagai jenis tanaman holtikultura.

Pemilik lahan perbukitan itu adalah warga sekitar, warga luar dan badan hukum.

Kondisi lahan yang berbukit itu, rata-rata dengan kemiringan sekitar 45 derajat lebih. Lahan itu ditanami sayuran seperti bawang kol hingga tanaman holtikultura lainnya.

"Ditanami kol. Kebetulan ini lahan garapan bersama. Pemiliknya mah orang luar," ujar Sobari (46), warga yang bercocok tanam di sekitar Kampung Pasir Honje, Kecamatan Cimenyan.

Skema pengairan bercocok tanamnya dengan memanfaatkan sumber mata air.

Warga menggunakan selang dari sumber mata air yang posisi tanahnya lebih tinggi kemudian, selang diurai hingga ke ladang yang lebih rendah. Dengan hukum gravitasi, air akan mengalir dengan sendirinya.

Seperti dilakukan Ahmad (50) di Kampung Pasanggrahan, Kecamatan Cimenyan. Saat bertemu, ia tampak menarik selang di ladangnya ke ladang kebun yang lebih tinggi bersama seorang perempuan, Neng (39).

"Airnya di atas. Jadi selang ini saya bawa ke atas ‎ ke sumber air. Nanti airnya mengalir ke ladang saya yang di bawah," ujar Ahmad yang menggarap lahan kebun perbukitan seluas 500 meter persegi. Lahan itu miliknya.

Selain dimiliki oleh warga, lahan-lahan kebun itu juga dimiliki badan hukum perseroan. Itu terlihat di sejumlah tempat di Desa Ciburial. Masing-masing lahan milik badan hukum dipasangi plang berisi kepemilikan lahan.

Gundulnya KBU ditengarai membuat aliran air saat hujan tidak diserap oleh bumi. Alhasil, saat hujan deras, air meluncur deras ke hilir. 

Editor: iboy

Komentar