5 Lagu Ini Paling Sering Dikumandangkan dalam Tiap Peringatan Kemerdekaan RI

5 Lagu Ini Paling Sering Dikumandangkan dalam Tiap Peringatan Kemerdekaan RI

JAKARTA - Hari Kemerdekaan RI diperingati tiap tanggal 17 Agustus. Biasanya, perayaan ini dimeriahkan dengan perlombaan di berbagai lapisan masyarakat. Mulai lingkungan perumahan, sekolah, hingga instansi perusahaan.

Meski kini pandemi Covid-19 serbamembatasi kegiatan masyarakat, semangat memperingati kemerdekaan RI tetap bisa dilakukan dengan mendengarkan iringan lagu-lagu yang menggugah rasa nasionalisme.
Berikut ini lima lagu yang biasa dikumandangkan di setiap peringatan HUT RI.


1. Hari Merdeka


'Tujuh belas Agustus tahun empat lima.. itulah hari kemerdekaan kita..' adalah penggalan lagu Hari Merdeka yang biasa berkumandang setiap peringatan HUT RI. Lagu ini dicipatakan oleh Husein Mutahar, yang juga dikenal sebagai tokoh pencetus berdirinya Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka).

Memiliki komposisi nada yang bersemangat, lagu ciptaan kedua Husein Mutahar ini menggambarkan gigihnya perjuangan pahlawan mempertahankan Indonesia serta kesediaan masyarakat membela negara sampai akhir hayat.

2. Indonesia Raya

Sebagai lagu kebangsaan, tentu Indonesia Raya menjadi lagu wajib yang dikumandangkan di momen HUT RI. Lagu ini diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman, wartawan sekaligus komponis.

Supratman pertama kali membawakan instrumen Indonesia Raya dalam Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928. Selain memiliki melodi indah, lagu ini memiliki makna mendalam tentang pentingnya persatuan untuk bangsa Indonesia.
3. Berkibarlah Benderaku

Berkibarlah Benderaku merupakan lagu wajib nasional yang diciptakan Saridjah Niung alias Ibu Sud pada 1947. Dia adalah pencipta lagu, penyiar radio, dan seniman batik Indonesia.

Ibu Sud mengerahkan semangat patriotisme tinggi melalui lagu Berkibarlah Benderaku. Lagu ini menyampaikan seruan tentang berkibarnya sang Merah Putih di seluruh wilayah Indonesia dan keberanian mempertahankan kedaulatan negara.

4. Kebyar-Kebyar

Siapa pun yang mendengarkan lagu Kebyar-Kebyar pasti ikut larut dalam semangat nasionalisme. Lagu ini diciptakan Gombloh dan rilis pada 1979 melalui label Golden Hand Record.

Kebyar-Kebyar bahkan sukses dinobatkan sebagai salah satu dari 150 Lagu Indonesia Terbaik oleh majalah Rolling Stone. Hingga kini, lagu yang menjadi trade mark Gombloh tersebut selalu dikumandangkan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.


5. Bendera

 Lagu yang dipopulerkan oleh band Cokelat ini seolah wajib diputar setiap perayaan 17 Agustus. Uniknya lagu ini bukan diciptakan personel Cokelat, melainkan Eross Sheila on 7 untuk soundtrack film berjudul serupa yang rilis pada 2002.

Bendera memiliki aransemen musik yang penuh semangat. Liriknya membangun jiwa nasionalisme tentang semangat menjaga kehormatan bangsa lewat berkibarnya sang Merah Putih.

 

Editor: redaksi

Komentar