Politik

Buruh PTUN-kan Gubernur Jabar

Dirilis oleh GEMI pada Rabu, 06 Mar 2013
Telah dibaca 531 kali

JABAR (PAKUAN ) - Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan digugat Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) dan Gabungan Serikat Buruh Independen (GSBI). Dua elemen buruh tersebut menggugat Gubernur ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung, Jln. Diponegoro, Selasa (5/3).

Gugatan dilakukan atas keluarnya Keputusan Gubernur Jabar No. 561/Kep.56-Bangsos/2013 tentang Izin Penangguhan Pelaksanaan Upah Minimum Kab./Kota di Jabar. Dalam surat yang terbit tanggal 18 Januari 2013 itu, Heryawan mengizinkan 257 perusahaan untuk menangguhkan pelaksanaan upah di 11 kabupaten/kota.

Tim advokasi buruh untuk upah layak, Arif Yogiawan menuturkan, dengan dikeluarkannya keputusan itu, pihak buruh mengalami kerugian. Menurutnya, hal itu merupakan bentuk pemiskinan terhadap buruh dan pelanggaran pemenuhan hak buruh untuk memperoleh kesejahteraan serta penghidupan yang layak.

"Proses penerbitan izin itu pun menyalahi prosedur dan ketentuan yang berlaku. Kami menilai, keputusan tersebut sudah mengintimidasi dan mengancam buruh," tuturnya.

Karena itu, kata Arif, serikat buruh menggugat Gubernur Jabar. Para buruh pun menuntut agar keputusan yang sudah dikeluarkan kembali dicabut. "Makanya hari ini (kemarin, red) kami menjalani proses di PTUN," ujarnya.

Selain digugat oleh Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) dan Gabungan Serikat Buruh Independen (GSBI), Gubernur Jabar juga digugat oleh Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI) Cimahi. SPMI menggugat SK Gubernur yang dikeluarkan November 2012 tentang Kenaikan UMK Cimahi dari Rp 1.224.442,00 menjadi Rp 1.388.333,00.

Ketua SPMI Cimahi, Sugeng Prayitno menuturkan, proses dikeluarkannya SK itu tidak sesuai dengan ketentuan dan masalah yang terjadi. Bahkan menurutnya, dalam proses penetapan SK itu, dewan pengupahan tidak melalui prosedur yang semestinya.

"Harusnya survei KHL itu 4 kali tapi ini 1 kali. Bahkan saat pembahasan, kami juga tidak diundang. Penetapannya juga tidak melihat laju pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan lainnya," kata Sugeng.

 


  • Cep Asrob
  • Profile

Pemkot Bandung Rancang Program Keselamatan Berlalulintas

........................... mudah mudahan terlaksana dengan lancar programnya dan adanya program itu bukan hanya angka kecelakaan yang berkurang tapi kemacetan juga berkurang.

Ridwan Kamil: Bus Listrik Ditahun 2017

……………. Mudah – mudahan cepat terealisasi pak wali, dan program ini bisa mengatasi masalah kemacetan di Kota Bandung

Kampanye Gerakan Disiplin

………..........Gagasan yang bagus pak, Gerakan ini pasti bisa mengajak warga Bandung untuk lebih disiplin menaati peraturan lalulintas

Ani Yudhoyono Nyapres Masih Sebatas Wacana

………..........Kalo benarpun ga jadi masalah, yang penting bisa memimpin dengan ketulusan dan bisa mensejahterakan rakyat

Putri Kerajaan Belgia Datang Ke Kota Kembang

……............. Semoga kedatangannya bisa menjalin kerjasama untuk menciptakan Kota Bandung menjadi salah satu tujuan wisata terfaforit di dunia

Lainnya

M. Sohib : Bekerja Dengan Ketulusan

img1456584926355.jpg

Ihktiar untuk meraih kesuksesan itu hukumnya wajib bagi setiap insan didunia. Tetapi untuk meraih kesuksesan tersebut, harus dengan gigih dan telaten serta tulus melaksanakannya. Jika hal ini dilakukan, niscaya apa yang diharapkan kesuksesan itu, pasti akan terwujud. Seperti yang dilakukan oleh Mochammad Sohib, S.Ip, dalam melakukan segala aktifitasnya dengan niat yang tulus serta telaten. “Karena dengan melakukan seperti itu, seberapa pun berat pekerjaannya akan merasa ringan,...

Lainnya

Opini

Kereta Cepat Potensi Bandung Raya

kereta_cepat.jpg

Oleh : irsyad Di balik serunya perdebatan mengenai pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, tentu kita harus serius menyoroti potensi dari rencana pembangunan ini. Rencana besar pemerintah untuk membangun transportasi massal yang andal, aman, dan nyaman menciptakan konektivitas cepat Jakarta-Bandung, serta membangun kawasan sentra ekonomi baru dilakukan merupakan target yang menarik melalui pembangunan kereta cepat ini. Program ini akan berdampak besar bagi pengembangan industri,...

Lainnya

Pengunjung

[Valid RSS]