Berita Nasional

Inilah Solusi Atasi Proyek Abadi Jalur Pantura

Dirilis oleh wawan pada Jumat, 02 Aug 2013
Telah dibaca 344 kali

Jakarta - Proyek perbaikan jalan yang setiap tahun dilakukan di jalur pantura (pantai utara) terus menuai polemik. Proyek ini diduga sengaja dipelihara. Sebab pihak pemerintah tidak melakukan langkah pekerjaan yang permanen dengan cara betonisasi, misalnya, tetapi justru sengaja melakukan perbaikan dengan cara tambal sulam.

Anggota Komisi V DPR (membidangi transportasi dan perhubungan) Ali Wongso Sinaga mengakui proyek tahunan yang beranggaran Rp 1,2 triliun tersebut tidak menjadi solusi dalam mengatasi perbaikan jalan serta kemacetan di jalur pantura. Seharusnya pengerjaan proyek itu disesuaikan dengan beban jalan.

Pada H-15 Lebaran, kata dia, seharusnya sudah tidak ada lagi pengerjaan jalan. "Kontraktor dengan pola yang ada sekarang itu kan mau untung, sehingga sering terjadi pengurangan bahan pengerjaan," ujarnya ketika dihubungi wartawan, di Jakarta.

Solusinya, lanjut Ali, pemerintah seyogyanya membuat kontrak hingga puluhan tahun dengan sebuah konsorsium. Sehingga penanggung jawab perbaikan jalur pantura tidak lagi perlu dilakukan setiap tahun menjelang hari raya Idul Fitri.

"Saya cenderung kepada sistem PBMC (Performance Based Maintenance Contracting). Jadi, artinya bisa dikontrakkan kepada satu konsorsium atau company yang profesional dalam waktu 10 tahun. Dengan demikian, tidak tergantung dengan proyek tahunan," tandas Ali.

Sehingga, tambah dia, pengerjaan serta perbaikan jalan akan dilakukan setiap kali ada jalan yang rusak menjadi tanggung jawab konsorsium setiap harinya.

"Dengan ketentuan, jalur pantura itu harus baik, kalaupun ada kerusakan atau lubang jalan akan segera diselesaikan dalam waktu 1 x 24 jam," tegas politikus Partai Golkat tersebut.


  • Cep Asrob
  • Profile

Pemkot Bandung Rancang Program Keselamatan Berlalulintas

........................... mudah mudahan terlaksana dengan lancar programnya dan adanya program itu bukan hanya angka kecelakaan yang berkurang tapi kemacetan juga berkurang.

Ridwan Kamil: Bus Listrik Ditahun 2017

……………. Mudah – mudahan cepat terealisasi pak wali, dan program ini bisa mengatasi masalah kemacetan di Kota Bandung

Kampanye Gerakan Disiplin

………..........Gagasan yang bagus pak, Gerakan ini pasti bisa mengajak warga Bandung untuk lebih disiplin menaati peraturan lalulintas

Ani Yudhoyono Nyapres Masih Sebatas Wacana

………..........Kalo benarpun ga jadi masalah, yang penting bisa memimpin dengan ketulusan dan bisa mensejahterakan rakyat

Putri Kerajaan Belgia Datang Ke Kota Kembang

……............. Semoga kedatangannya bisa menjalin kerjasama untuk menciptakan Kota Bandung menjadi salah satu tujuan wisata terfaforit di dunia

Lainnya

M. Sohib : Bekerja Dengan Ketulusan

img1456584926355.jpg

Ihktiar untuk meraih kesuksesan itu hukumnya wajib bagi setiap insan didunia. Tetapi untuk meraih kesuksesan tersebut, harus dengan gigih dan telaten serta tulus melaksanakannya. Jika hal ini dilakukan, niscaya apa yang diharapkan kesuksesan itu, pasti akan terwujud. Seperti yang dilakukan oleh Mochammad Sohib, S.Ip, dalam melakukan segala aktifitasnya dengan niat yang tulus serta telaten. “Karena dengan melakukan seperti itu, seberapa pun berat pekerjaannya akan merasa ringan,...

Lainnya

Opini

Kereta Cepat Potensi Bandung Raya

kereta_cepat.jpg

Oleh : irsyad Di balik serunya perdebatan mengenai pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, tentu kita harus serius menyoroti potensi dari rencana pembangunan ini. Rencana besar pemerintah untuk membangun transportasi massal yang andal, aman, dan nyaman menciptakan konektivitas cepat Jakarta-Bandung, serta membangun kawasan sentra ekonomi baru dilakukan merupakan target yang menarik melalui pembangunan kereta cepat ini. Program ini akan berdampak besar bagi pengembangan industri,...

Lainnya

Pengunjung

[Valid RSS]