Hukum

Waspada Terhadap Penjambretan

Dirilis oleh yeyet pada Rabu, 09 Oct 2013
Telah dibaca 402 kali

Kota Bandung (PAKUAN) – Penjambretan atau pencopetan akhir akhir ini memang semakin meningkat. Oleh karena itu Porlestabes Kota Bandung menghimbau masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya aksi kriminalitas. Belakangan aksi kejahatan dengan modus penjambretan kembali muncul dan memakan korban. Mayoritas pelaku mengincar kaum hawa.

Dalam satu bulan terakhir, Sat Reskrim Polrestabes Bandung meringkus empat pelaku penjambretan. Mereka biasanya menjalankan aksi pada malam hari dan di lokasi-lokasi yang terbilang sepi. Modus yang dilakukan yaitu memepet korban dan mengambil tasnya.

Dua dari empat pelaku yang ditangkap yaitu RR (24), warga Jln. Nagrog, Kel. Pasanggarahan, Kec. Ujungberung, Bandung serta AS (23), warga Kp. Pagar Sari, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung. Keduanya baru-baru ini melakukan aksi penjambretan terhadap seorang mahasiswi, N. Annisa (20).

"Kedua pelaku merupakan pemain lama. Mereka kerap melakukan aksi penjambretan di wilayah Kota Bandung," ujar Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol. Sutarno melalui Kasat Reskrim AKBP Trunoyudho Wisnu Andiko di Mapolrestabes Bandung, Jln. Jawa, Selasa (8/10).

Ditambahkan Trunoyudho, dalam aksi terakhirnya kedua tersangka menjambret di Jln. Cikawao sekitar pukul 22.40 WIB. Saat itu, tersangka yang mengendarai sepeda motor, memepet korban dan menjambret tasnya. Korban sama sekali tidak bisa berbuat banyak dan pelaku langsung melarikan diri.

"Anggota kami melakukan penyelidikan setelah menerima laporan dari korban. Belum lama ini kedua tersangka akhirnya bisa kita tangkap," jelasnya.

Dari mereka, pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti 1 unit sepeda motor, 1 iPad, 1 BlackBerry, 1 dompet, jaket, dan helm.

Selain RR dan AS, Sat Reskrim Polrestabes Bandung juga menangkap dua pelaku lainnya, YS alias Ompong (32) warga Kec. Cicalengka, Kab. Bandung serta IS alias Ableh (20), warga Kebon Kalapa Bandung. Keduanya selama ini juga kerap melakukan aksi penjambretan. Bahkan Ompong dan Ableh dalam aksi terakhirnya merampas sepeda motor milik korban Dani.

"Dari dua tersangka ini, kita amankan 1 golok dan motor Yamaha Vega," kata Trunoyudho.

Keempat tersangka pelaku pencurian disertai kekerasan itu, tambahnya, saat ini sudah ditahan di sel tahanan Mapolrestabes Bandung sambil menunggu proses pelimpahan ke kejaksaan. Keempatnya akan dijerat Pasal 365 KUHPidana tentang pencurian disertai kekerasan dengan ancaman hukuman penjara paling lama di atas 5 tahun.

Dalam kesempatan itu, Trunoyudho juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada. Terlebih untuk kaum hawa, disarankan untuk tidak keluar malam hari dan menghindari lokasi-lokasi yang sepi dan rawan kriminalitas.

 


  • Cep Asrob
  • Profile

Pemkot Bandung Rancang Program Keselamatan Berlalulintas

........................... mudah mudahan terlaksana dengan lancar programnya dan adanya program itu bukan hanya angka kecelakaan yang berkurang tapi kemacetan juga berkurang.

Ridwan Kamil: Bus Listrik Ditahun 2017

……………. Mudah – mudahan cepat terealisasi pak wali, dan program ini bisa mengatasi masalah kemacetan di Kota Bandung

Kampanye Gerakan Disiplin

………..........Gagasan yang bagus pak, Gerakan ini pasti bisa mengajak warga Bandung untuk lebih disiplin menaati peraturan lalulintas

Ani Yudhoyono Nyapres Masih Sebatas Wacana

………..........Kalo benarpun ga jadi masalah, yang penting bisa memimpin dengan ketulusan dan bisa mensejahterakan rakyat

Putri Kerajaan Belgia Datang Ke Kota Kembang

……............. Semoga kedatangannya bisa menjalin kerjasama untuk menciptakan Kota Bandung menjadi salah satu tujuan wisata terfaforit di dunia

Lainnya

M. Sohib : Bekerja Dengan Ketulusan

img1456584926355.jpg

Ihktiar untuk meraih kesuksesan itu hukumnya wajib bagi setiap insan didunia. Tetapi untuk meraih kesuksesan tersebut, harus dengan gigih dan telaten serta tulus melaksanakannya. Jika hal ini dilakukan, niscaya apa yang diharapkan kesuksesan itu, pasti akan terwujud. Seperti yang dilakukan oleh Mochammad Sohib, S.Ip, dalam melakukan segala aktifitasnya dengan niat yang tulus serta telaten. “Karena dengan melakukan seperti itu, seberapa pun berat pekerjaannya akan merasa ringan,...

Lainnya

Opini

Kereta Cepat Potensi Bandung Raya

kereta_cepat.jpg

Oleh : irsyad Di balik serunya perdebatan mengenai pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, tentu kita harus serius menyoroti potensi dari rencana pembangunan ini. Rencana besar pemerintah untuk membangun transportasi massal yang andal, aman, dan nyaman menciptakan konektivitas cepat Jakarta-Bandung, serta membangun kawasan sentra ekonomi baru dilakukan merupakan target yang menarik melalui pembangunan kereta cepat ini. Program ini akan berdampak besar bagi pengembangan industri,...

Lainnya

Pengunjung

[Valid RSS]