Bermartabat

Yosi Irianto :2013 PBB Dikelola Pemkot Bandung

Dirilis oleh ASEP ROBIN pada Senin, 12 Mar 2012
Telah dibaca 675 kali

BANDUNG –  (PAKUAN )Dalam beberapa waktu ke depan, pajak bumi dan bangunan bakal dikelola Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Pemerintah Kota Bandung. Untuk itu, proses tersebut kini tengah dimatangkan dengan harapan awal 2013 bisa langsung dijalankan.


Semula, PBB tersebut dikelola langsung oleh pemerintah pusat. Kepala Dispenda Yossi Irianto mengungkapkan, guna mengoptimalkan pelayanan serta proses pengelolaan PBB, hingga saat ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan. Sejak November 2011,digelar bimbingan teknis selama dua bulan bagi aparatur Dispenda, khususnya untuk tenaga pendata, pengukur, dan penaksir.

“Dispenda juga sudah melakukan koordinasi persiapan gedung pengelolaan PBB di gedung eks kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kompleks perkantoran Pemkot Bandung di Jalan Cianjur, dan akan mulai resmi beroperasi bulan November 2012 ini,” ujar Yossi kepada wartawan,akhir pekan lalu. Yossi mengatakan, Dispenda akan melakukan bimbingan teknis sumber daya manusia untuk pengelolaan PBB angkatan III pada Mei-Desember 2012.

 Dispenda juga akan membahas penyusunan rancangan peraturan wali kota (raperwal) tentang PBB. Penyusunan standar operasional prosedur PPB juga akan dilakukan pada April bersamaan dengan koordinasi kepada Kementerian Keuangan dan Kanwil Direktorat Jendral Pajak Jabar I. “Kami juga akan melakukan pelatihan operator konsul (IT PBB), sismiop, dan pelatihan sistem informasi geografis yang akan dilaksanakan September- Oktober 2012 ini,”ungkapYossi.

Tahapan-tahapan kesiapan tersebut, menurut Yossi, dilakukan agar pengelolaan PBB di Kota Bandung berjalan sesuai aturan. Pengelolaan pajak tidak hanya PBB, tapi pajak lain yang merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan Kota Bandung dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Sebagian besar pembangunan Kota Bandung dibiayai dari pendapatan pajak. Oleh sebab itu, dari tahun ke tahun Dispenda terus berupaya untuk mengoptimalkan pemasukan pajak, termasuk yang nanti kami kelola yaitu PBB,”ujarnya.

Menurut Yossi, selama ini potensi PBB di Kota Bandung mencapai Rp300 miliar. Meskipun memiliki nilai rupiah kecil dibandingkan dengan pajak pusat lain, tetapi berdampak luas. Sebab, hasil penerimaan PBB dikembalikan untuk pembangunan daerah. “Hasilnya akan masuk semua ke PAD. Ini akan sangat bermanfaat dalam menunjang APBD kita,”tutur Yossi.

 


  • Cep Asrob
  • Profile

Pemkot Bandung Rancang Program Keselamatan Berlalulintas

........................... mudah mudahan terlaksana dengan lancar programnya dan adanya program itu bukan hanya angka kecelakaan yang berkurang tapi kemacetan juga berkurang.

Ridwan Kamil: Bus Listrik Ditahun 2017

……………. Mudah – mudahan cepat terealisasi pak wali, dan program ini bisa mengatasi masalah kemacetan di Kota Bandung

Kampanye Gerakan Disiplin

………..........Gagasan yang bagus pak, Gerakan ini pasti bisa mengajak warga Bandung untuk lebih disiplin menaati peraturan lalulintas

Ani Yudhoyono Nyapres Masih Sebatas Wacana

………..........Kalo benarpun ga jadi masalah, yang penting bisa memimpin dengan ketulusan dan bisa mensejahterakan rakyat

Putri Kerajaan Belgia Datang Ke Kota Kembang

……............. Semoga kedatangannya bisa menjalin kerjasama untuk menciptakan Kota Bandung menjadi salah satu tujuan wisata terfaforit di dunia

Lainnya

M. Sohib : Bekerja Dengan Ketulusan

img1456584926355.jpg

Ihktiar untuk meraih kesuksesan itu hukumnya wajib bagi setiap insan didunia. Tetapi untuk meraih kesuksesan tersebut, harus dengan gigih dan telaten serta tulus melaksanakannya. Jika hal ini dilakukan, niscaya apa yang diharapkan kesuksesan itu, pasti akan terwujud. Seperti yang dilakukan oleh Mochammad Sohib, S.Ip, dalam melakukan segala aktifitasnya dengan niat yang tulus serta telaten. “Karena dengan melakukan seperti itu, seberapa pun berat pekerjaannya akan merasa ringan,...

Lainnya

Opini

Kereta Cepat Potensi Bandung Raya

kereta_cepat.jpg

Oleh : irsyad Di balik serunya perdebatan mengenai pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, tentu kita harus serius menyoroti potensi dari rencana pembangunan ini. Rencana besar pemerintah untuk membangun transportasi massal yang andal, aman, dan nyaman menciptakan konektivitas cepat Jakarta-Bandung, serta membangun kawasan sentra ekonomi baru dilakukan merupakan target yang menarik melalui pembangunan kereta cepat ini. Program ini akan berdampak besar bagi pengembangan industri,...

Lainnya

Pengunjung

[Valid RSS]