Berita Foto

PROPOSAL DANA BANSOS DAN HIBAH KOTA BANDUNG DI VERIFIKASI

Dirilis oleh AWO pada Selasa, 20 Dec 2011
Telah dibaca 3904 kali

Bandung (Pakuan) – Sebanyak 1.548 proposal bantuan sosial (bansos) dan hibah diajukan warga kepada Pemkot Bandung. Dari jumlah itu, hanya 967 usulan yang lolos verifikasi tingkat SKPD (satuan kerja perangkat daerah). Untuk 2012, pagu anggaran hibah sebesar Rp 394,7 miliar dan bansos Rp 95 miliar.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Edi Siswadi usai rapat anggaran di Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Aceh, Senin (19/12).

Menurutnya, 1.548 proposal yang diajukan ini senilai Rp 1,2 triliun. "Yang diverifikasi hanya 967 usulan, yang lainnya didiskualifikasi. Nilainya sebesar Rp 305 miliar, itu pun baru di evaluasi tingkat SKPD," ujar Edi.

Jumlah usulan dan nilai dana, kata Edi, masih bisa terus berkurang. Karena verifikasi akan terus dilanjutkan oleh TAPD, wali kota, dan diakhiri oleh pembahasan dalam badan anggaran. Selain itu, sesuai Permendagri 32/2011 ada ketentuan bagi penerima bansos dan hibah, yaitu lembaga pengusul bantuan atau hibah harus punya legalitas pendirian selama 3 tahun.

"Kalau lembaga itu baru muncul, maka kena diskualifikasi. Juga usulannya, harus sesuai subtansi permendagri seperti bantuan sosial hanya untuk bantuan kerawanan sosial, dan bencana alam. Begitu pun dengan hibah harus sesuai 7 program prioritas Kota Bandung, untuk bidang olahraga pun harus non profesional. Kalau tidak sesuai subtansi, maka akan kena diskualifikasi," tuturnya.

Proposal yang diajukan, lanjut Edi, paling banyak pengajuannya di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop) yaitu 234 usulan, Dinas Sosial (130), Dispora (94), BPPKB/Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (65), dan BPLH/Badan Pengelola Lingkungan Hidup (63). "Untuk dinas pendidikan hanya 41 usulan," ungkapnya.

Dengan masih adanya kemungkinan dana bansos dan hibah berkurang, maka diperkirakan penyerapannya pun akan lebih kecil dari pagu yang disediakan, yakni hibah sebesar Rp 394,7 miliar dan bansos Rp 95 miliar. Dana ini bisa untuk mensubsidi defisit APBD 2012 yang diperkirakan mencapai Rp 678,6 miliar. "Struktur APBD kita, untuk belanja kurang lebih Rp 3,5 triliun dan pendapatan Rp 2,8 miliar," terangnya.


  • Cep Asrob
  • Profile

Ijin Bandros Di Cabut

 

………….. Betul Pa Wali kan yang harusnya mengurus Dinas Terkait

 

DPR RI Akan Bantu Tuntaskan GBLA

 

………… Duh teu isin dugi ka DPR RI ngiringan

 

DPRD Jabar Yakin Penggunaan APBD 2015 Lebih Baik

 

………. Ya harus donk biar warga jabar semakin sejahtera

Lainnya

AIPTU Ai Suryati : Berikan Pelayanan Dengan Sepenuh Hati

samsat_pajajaran..damnet.jpg

Pekerjaan merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh bagi setiap insan didunia, dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Tetapi, pekerjaan tersebut dilakukan harus dengan sepenuh hati artinya harus ikhlas. Supaya dalam pekerjaannya itu mendapatkan hasil yang sempurna. Seperti yang dilakukan oleh seorang Polisi Wanita (Polwan) yang bertugas sebagai pelayan di Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan Daerah (CPDP) Samsat Bandung I Pajajaran, yakni AIPTU Ai Suryati, bahwa pekerjaan melayani...

Lainnya

Opini

Politik dan Keputusan Politik

14544321-02foto73780x390.JPG

PAKUAN - Tepat sehari sebelum tahun baru Imlek 2566, Presiden Joko Widodo mengumumkan keputusannya tentang kontroversi mengenai KPK dan persoalan Kepala Polri yang sudah menggantung selama sebulan lebih. Keputusan Presiden itu sudah diketahui oleh publik saat ini. Peristiwa ini dapat dijadikan kesempatan untuk meninjau kedudukan dan watak suatu keputusan politik oleh eksekutif tertinggi serta dampaknya bagi pemerintah dan masyarakat. Dalam retrospeksi masih bisa diingat bahwa...

Lainnya

Pengunjung

http://buytramadol50mghclonline.com
[Valid RSS]