Berita Foto

PROPOSAL DANA BANSOS DAN HIBAH KOTA BANDUNG DI VERIFIKASI

Dirilis oleh AWO pada Selasa, 20 Dec 2011
Telah dibaca 4673 kali

Bandung (Pakuan) – Sebanyak 1.548 proposal bantuan sosial (bansos) dan hibah diajukan warga kepada Pemkot Bandung. Dari jumlah itu, hanya 967 usulan yang lolos verifikasi tingkat SKPD (satuan kerja perangkat daerah). Untuk 2012, pagu anggaran hibah sebesar Rp 394,7 miliar dan bansos Rp 95 miliar.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), Edi Siswadi usai rapat anggaran di Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Aceh, Senin (19/12).

Menurutnya, 1.548 proposal yang diajukan ini senilai Rp 1,2 triliun. "Yang diverifikasi hanya 967 usulan, yang lainnya didiskualifikasi. Nilainya sebesar Rp 305 miliar, itu pun baru di evaluasi tingkat SKPD," ujar Edi.

Jumlah usulan dan nilai dana, kata Edi, masih bisa terus berkurang. Karena verifikasi akan terus dilanjutkan oleh TAPD, wali kota, dan diakhiri oleh pembahasan dalam badan anggaran. Selain itu, sesuai Permendagri 32/2011 ada ketentuan bagi penerima bansos dan hibah, yaitu lembaga pengusul bantuan atau hibah harus punya legalitas pendirian selama 3 tahun.

"Kalau lembaga itu baru muncul, maka kena diskualifikasi. Juga usulannya, harus sesuai subtansi permendagri seperti bantuan sosial hanya untuk bantuan kerawanan sosial, dan bencana alam. Begitu pun dengan hibah harus sesuai 7 program prioritas Kota Bandung, untuk bidang olahraga pun harus non profesional. Kalau tidak sesuai subtansi, maka akan kena diskualifikasi," tuturnya.

Proposal yang diajukan, lanjut Edi, paling banyak pengajuannya di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop) yaitu 234 usulan, Dinas Sosial (130), Dispora (94), BPPKB/Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (65), dan BPLH/Badan Pengelola Lingkungan Hidup (63). "Untuk dinas pendidikan hanya 41 usulan," ungkapnya.

Dengan masih adanya kemungkinan dana bansos dan hibah berkurang, maka diperkirakan penyerapannya pun akan lebih kecil dari pagu yang disediakan, yakni hibah sebesar Rp 394,7 miliar dan bansos Rp 95 miliar. Dana ini bisa untuk mensubsidi defisit APBD 2012 yang diperkirakan mencapai Rp 678,6 miliar. "Struktur APBD kita, untuk belanja kurang lebih Rp 3,5 triliun dan pendapatan Rp 2,8 miliar," terangnya.


  • Cep Asrob
  • Profile

Pemkot Bandung Rancang Program Keselamatan Berlalulintas

........................... mudah mudahan terlaksana dengan lancar programnya dan adanya program itu bukan hanya angka kecelakaan yang berkurang tapi kemacetan juga berkurang.

Ridwan Kamil: Bus Listrik Ditahun 2017

……………. Mudah – mudahan cepat terealisasi pak wali, dan program ini bisa mengatasi masalah kemacetan di Kota Bandung

Kampanye Gerakan Disiplin

………..........Gagasan yang bagus pak, Gerakan ini pasti bisa mengajak warga Bandung untuk lebih disiplin menaati peraturan lalulintas

Ani Yudhoyono Nyapres Masih Sebatas Wacana

………..........Kalo benarpun ga jadi masalah, yang penting bisa memimpin dengan ketulusan dan bisa mensejahterakan rakyat

Putri Kerajaan Belgia Datang Ke Kota Kembang

……............. Semoga kedatangannya bisa menjalin kerjasama untuk menciptakan Kota Bandung menjadi salah satu tujuan wisata terfaforit di dunia

Lainnya

M. Sohib : Bekerja Dengan Ketulusan

img1456584926355.jpg

Ihktiar untuk meraih kesuksesan itu hukumnya wajib bagi setiap insan didunia. Tetapi untuk meraih kesuksesan tersebut, harus dengan gigih dan telaten serta tulus melaksanakannya. Jika hal ini dilakukan, niscaya apa yang diharapkan kesuksesan itu, pasti akan terwujud. Seperti yang dilakukan oleh Mochammad Sohib, S.Ip, dalam melakukan segala aktifitasnya dengan niat yang tulus serta telaten. “Karena dengan melakukan seperti itu, seberapa pun berat pekerjaannya akan merasa ringan,...

Lainnya

Opini

Kereta Cepat Potensi Bandung Raya

kereta_cepat.jpg

Oleh : irsyad Di balik serunya perdebatan mengenai pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, tentu kita harus serius menyoroti potensi dari rencana pembangunan ini. Rencana besar pemerintah untuk membangun transportasi massal yang andal, aman, dan nyaman menciptakan konektivitas cepat Jakarta-Bandung, serta membangun kawasan sentra ekonomi baru dilakukan merupakan target yang menarik melalui pembangunan kereta cepat ini. Program ini akan berdampak besar bagi pengembangan industri,...

Lainnya

Pengunjung

[Valid RSS]