Calon Walkot Bandung : Demokrat Rekomendasikan Yossi Irianto

Calon Walkot Bandung : Demokrat Rekomendasikan Yossi Irianto

PAKUAN, Dalam konvensi yang di gelar Partai Demokrat untuk menentukan bakal calon  Wali Kota Bandung terdapat 4 kandidat yang mengikuti. Kemudian menurut survey, Sekda Kota Bandung Yossi Irianto  yang mendapatkan nilai tertinggi.  Maka dari itu, DPC Partai Demokrat Kota Bandung merekomendasikan Yossi ke DPP Partai Demokrat untuk ditetapkan sebagai bakal calon (Balon) Wali Kota Bandung dari partai tersebut.

"Pak Yossi meraih hasil tertinggi sehingga beliau menjadi pemenang  konvensi. Karena itu, kami sepakat merekomendasikan beliau ke DPP. Sebelumnya kami melakukan dua kali survei pada 11 Agustus 2017 dan 20 Oktober 2017, posisi teratas ada di tangan Pak Yossi," kata  Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bandung, Erwan Setiawan di Bandung, Jumat (3/11).

Menurut Erwan, dalam survei tersebut terdapat empat nama yang merupakan peserta konvensi yakni Tomtom Abdul Qomar, Chaerul Yaqin Hidayat (Rully), Fiki Satari dan Yossi Irianto.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh pihaknya pada survei pertama dari Lingkar Survey Indonesia (LSI) yakni untuk dalam popularitas antara lain, Yossi Irianto 32,1 persen, Rully 13,2 persen, Fiki Satari 12,2 persen, Tomtom 9 persen. Sementara Elektbilitas yakni Yossi Irianto 17,5 perse , Rully 10 persen, Fiki Satari 7,4 persen dan Tomtom 5,9 persen.

Sementara untuk survei kedua dari Jaringan Suara Indonesia (JSI) yakni dalam Popularitas Yossi Irianto 51,1 persen, Rully 32,3 persen, Fiki Satari 19,8 persen, Tomtom 16,1 persen. Sedangkan Elektabilitas dimana Yossi Irianto 28 persen, Rully 13,4 persen, Fiki Satari 6, 8 persen dan Tomtom 3,6 persen.

"Yossi mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada survei kedua. Karena sosialisasi yang dilakukan oleh masing-masing peserta baik melalui media massa dan sosial atau turun langsung ke masyarakat," kata dia.

Dikatakannya, dari hasil dari survei tersebut sudah dilaporkan ke tingkat DPD Demokrat Jawa Barat yang sudah menyetujui. Sehingga langkah selanjutnya tinggal menunggu hasil keputusan dari pusat.

"Setelah ini, kami menunggu keputusan dari pusat, tapi akan segera keluar hasilnya. Karena ada sekitar 170 pilkada di Indonesia yang diterima oleh pusat," katanya.

Ia menambahkan, seandainya Yossi Irianto mendapat rekomendasi dari pusat, lanjutnya maka tugas selanjutnya yakni Yossi untuk mencari pasangan dan koalisi dalam surat tugas yang diberikan. Setelah dua hal tersebut dipenuhi maka turun rekomendasi yang sudah dengan pasangan dan partai koalisi.

Erwan berharap pasangan dari balon yang akan diusung harus memiliki chemistry kuat, terlebih sudah banyak contoh banyak pasangan yang belum memiliki chemistry putus ditengah jalan. Termasuk menjalin komunikasi dengan partai yang akan melakukan koalisi.

"Saat ini kami tentu dengan menjajaki komunikasi dengan beberapa partai karena harus koalisi, kecuali PKS, karena sama-sama mengusung nomor satu," tandasnya.

 

Editor: Irsyad

Komentar