WIDYATAMA GANDENG UMKM KBB PADA MARKETPLACE

WIDYATAMA GANDENG UMKM KBB PADA MARKETPLACE

(PAKUAN Bandung) -UMKM yang tertuang dalam Keppres RI No. 19 Tahun 1998 sebagai kegiatan ekonomi rakyat pada skala kecil yang perlu dilindungi dan dicegah dari persaingan yang tidak sehat.

 Dalam hal ini. Program Studi Sistem Informasi Universitas Widyatama Bandung bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bandung Barat mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dengan memberikan pelatihan Pemanfaatan Marketplace bagi UMKM pada hari Kamis, 19 Desember 2019 bertempat di Kafe de Katsu,  Jalan Cipanji No. 17 , Citapen, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bandung Barat, Bapak Drs. H. Ade Wahidin.,MSi., Kabid Dinas Koperasi UKM Ibu Wewen Surwenda , Ka Prodi Sistem Informasi , Ir Sri Lestari, M.T, Ketua Forum UMKM KBB Bapak Prana Ajisasdare, dan Ketua Forum OPPO,

 Dalam sambutannya Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bandung Barat ,Ade Wahidin mengatakan di dalam pengelolaan pembinaan pengawasan UMKM sejak 2019 harus ada kolaborasi antara akademisi, bisnis, komuniti dan government. Kali ini akademisi yang terlibat adalah Program Studi Sistem Informasi Universitas Widyatama .             

Kegiatan ini terlaksana berkat bantuan dana dari LP2M Universitas Widyatama Bandung. Dalam kegiatan ini , Program Studi Sistem Informasi melibatkan mahasiswa dan dosen. Dosen dilibatkan sebagai fasilitator untuk  pemecahan masalah yang dihadapi UMKM terutama dalam pemasaran produk. Sebagian besar UMKM sudah menggunakan media digital seperti  media social Instagram dan facebook, namun kebanyakan UMKM  belum memanfaatkan marketplace yang ada. Pada kesempatan ini peserta diberikan wawasan  terkait pemanfaatan marketplace serta pentingnya digital marketing..Kegiatan ini diikuti oleh 38 UMKM binaan Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Bandung Barat.

Editor: iboy

Komentar