Tol Padaleunyi Km 130 Banjir, Disebabkan Proyek Pembangunan Kereta Cepat

Tol Padaleunyi Km 130 Banjir, Disebabkan Proyek Pembangunan Kereta Cepat Tol Padaleunyi Km 130 Banjir, Disebabkan Proyek Pembangunan Kereta Cepat

www.hu-pakuan.com BANDUNG - Jalan Tol Padaleunyi Km 130, Bandung, Jawa Barat, banjir pada Rabu (12/8/2020). Penyebabnya adalah proyek pembangunan kereta cepat.

Proyek pembangunan kereta cepat itu yang sedang melaksanakan pekerjaan boredpile dan pilecap.

Akibat banjir tersebut, kendaraan pun kesulitan melintas, karena ketinggian air mencapai 50 cm.

Pihak Jasa Marga pun  melakukan penanganan di ruas jalan yang tergenang hingga 50 cm tersebut.

Selain itu, pihak kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas agar arus kendaraan yang melintas tidak terhambat.

"Kondisi terkini, dari total tiga lajur ke arah Cileunyi, saat ini hanya lajur 3 yang dapat dilalui oleh kendaraan besar seperti mini bus dan kendaraan non-golongan 1 dengan genangan setinggi 50 cm," kata Dwimawan Heru Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dalam siaran tertulisnya, Rabu (12/8/2020).

Sedangkan, lanjutnya, untuk bahu jalan, lajur 1 dan lajur 2, tidak dapat dilalui semua golongan kendaraan.

Untuk total tiga lajur ke arah Jakarta, baik bahu jalan serta lajur 1 sampai lajur 3, semuanya masih dapat dilalui oleh pengguna jalan semua golongan dengan genangan setinggi 20 cm.

"Hingga informasi ini diturunkan pada pukul 17.30 WIB, Jasa Marga berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat, melakukan pengalihan lalu lintas pengguna jalan yang menuju ke Cileunyi dialihkan keluar Gerbang Tol (GT) Pasteur," katanya.

Selain itu, rekayasa lalu lintas juga dilakukan dengan memutar balikkan kendaraan menuju arah Jakarta di Km 129+800 dan keluar di GT Pasteur.

Bagi pengguna jalan yang akan menuju ke Cileunyi dapat masuk kembali di GT Pasir Koja untuk menghindari lokasi genangan.

Selain melakukan rekayasa lalu lintas, Jasa Marga juga melakukan upaya lainnya seperti penyedotan air genangan dengan pompa serta pembuatan tanggul darurat penahan genangan air dengan menggunakan excavator.

"Jasa Marga menyampaikan kejadian ini tidak diakibatkan tidak berfungsinya sistem drainase jalan tol. Melainkan karena proyek pembangunan kereta cepat di sisi jalan tol di sekitar Jalan Tol Padaleunyi Km 130, yang sedang melaksanakan pekerjaan boredpile dan pilecap," katanya.

Pihaknya pun memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini.

Serta mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan jalur alternatif lainnya menuju Cileunyi dan sekitarnya, tetap berhati-hati dan mentaati rambu-rambu.

Juga memantau kondisi lalu lintas perjalanan. Informasi lalu lintas di seputar tol milik Jasa Marga dapat di akses melalui Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.

Editor: Cepasrob

Komentar