Anggota dan Staf DPRD Jabar Ikuti Swab Test Jelang HUT RI dan HUT Jabar ke-75

Anggota dan Staf DPRD Jabar Ikuti Swab Test Jelang HUT RI dan HUT Jabar ke-75 Ineu Purwadewi Sundari, Wakil Ketua DPRD Jabar

www.hu-pakuan.com BANDUNG - Swab test adalah pemeriksaan untuk mendeteksi virus corona. Tes ini juga disebut tes PCR (polymerase chain reaction).Dalam swab test, petugas medis akan mengambil sampel apus dari saluran pernapasan.

Adapun, kasus COVID-19 yang mengkhawatirkan di Jawa Barat, membuat  DPRD Jabar melakukan upaya preventif agar tidak terjadi klaster di lingkungan kantor DPRD Jabar.

Terlebih, beberapa agenda penting menjelang HUT ke-75 RI dan HUT Provinsi Jawa Barat ke-75 akan segera diselenggarakan.

Selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat,  sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat juga melakukan pemeriksaan kesehatan berupa tes apus tenggorokan atau dikenal sebagai swab test, bagi
seluruh anggota dan staf dewan di lingkungan DPRD Provinsi Jawa Barat.

Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari menjelaskan, DPRD Jawa Barat memiliki beberapa agenda penting yang akan dibahas dan diselenggarakan dalam waktu dekat dan melibatkan banyak orang.

Apalagi, sebagai sarana penyampaian aspirasi masyarakat, DPRD Jawa Barat kerap dikunjungi masyarakat dan kunjungan kerja dari anggota legislatif dari berbagai daerah hampir setiap hari.

Maka pemeriksaan kondisi kesehatan, khususnya swab test menjadi hal wajar dilakukan dalam mengantisipasi terjadinya penularan covid-19.

“Kita ada rapat paripurna mendengarkan pidato presiden dalam sidang tahunan MPR RI, tanggal 16 Agustus, kemudian ada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 pada 17 Agustus, dan HUT Jabar pada 18 Agustus. Maka itu, penting bagi kami untuk menjaga kesehatan bersama agar acara berjalan dengan lancar,” ujarnya saat ditemui di Sekretariat DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jabar, Rabu (12/8/2020).

Selain itu menurutnya, swab tes ini juga menjadi penting mengingat aktivitas kedewanan yang sudah mulai berjalan di era adaptasi kebiasaan baru (AKB), serta menjadi contoh bagi masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Bahkan kata Ineu, ia sudah tiga kali melakukan tes swab lantaran aktivitasnya yang harus bertemu banyak orang.

 “Semua diminta untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, walau aktivitas sudah berjalan kembali. Jangan sampai abai dengan protokol kesehatan yang berpotensi menambah jumlah kasus positif covid-19 di Indonesia,” ucapnya.

Selain penerapan protokol kesehatan, dan dilakukannya swab tes, lanjutnya, setiap hari seluruh ruangan dari Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat pun selalu disemprot disinfektan guna menjaga dari paparan COVID-19. Bahkan, pengunjung maupun tamu akan diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki lingkungan dewan.

“Tak hanya itu, baik anggota dewan, staf, maupun tamu dan pengunjung harus tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan,” katanya.

 

Editor: Cepasrob

Komentar