Ridwan Kamil dan Oded Siap Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Ridwan Kamil dan Oded Siap Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Ridwan Kamil dan Oded Siap Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

www.hu-pakuan.com BANDUNG – Vaksin Covid-19 merupakan vaksin yang nantinya akan digunakan untuk menangani penyakit COVID-19. 

Begitu pula, dalam waktu dekat kota Bandung akan melakukan uji klinis vaksin Covid-19.

Hal tersebut ternyata telah mendapatkan respon positif dari masyarakat, karena pada saat ini relawan uji klinis vaksin yang mendaftar sudah ada 800 orang.

Keterangan itu diungkapkan langsung oleh Ketua Tim Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad), Kusnandi Rusmil.

Meski demikian, tidak semua relawan yang mendaftar ikut serta dalam uji klinis  vaksin Covid-19 bisa lolos dalam seleksi yang dilakukan oleh tim dari Unpad.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuh oleh para relawan, salah satunya yakni harus warga asli Kota Bandung.

Lebih jauh, dari ratusan relawan vaksin buatan Sinovac Logitech tersebut, terdapat nama Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

"Jadi sampai sekarang sudah ada 800 orang. Pak Gubernur dan Wali Kota Bandung juga siap jadi relawan. Saya bilang boleh-boleh saja, tapi diperiksa dulu," kata Kusnandi di Fakultas Kedokteran Unpad, Jln. Eyckman, Kota Bandung, Kamis, 6 Agustus 2020.

Menurutnya, banyak tenaga medis termasuk dokter yang mengajukan diri untuk menjadi relawan vaksin. Namun pihaknya menolak karena lokasi tenaga medis tersebut berada diluar Kota Bandung, sehingga dinilai cukup sulit untuk melakukan proses pemantauan yang berlangsung selama enam bulan.

"Takutnya ketika nanti mereka ada keperluan mendadak maka akan menjadi sulit. Jadi yang dianjurkan dan diterima itu dari Kota Bandung, supaya lebih gampang memantaunya," ujarnya.

 

Editor: Cepasrob

Komentar