Peningkatan Penyewaan Sepeda Bulan Juni empat Kali lipat dibanding tahun lalu

Peningkatan Penyewaan Sepeda Bulan Juni empat Kali lipat dibanding tahun lalu

PAKUAN

 

 

www.hu-pakuan.com Kota Bandung

Masuknya fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal berjalan lurus dengan meningkatnya minat warga Kota Bandung untuk bersepeda. Hal itu terlihat dari peningkatan pengguna BOSEH (Bike On Street Everybody Happy) Bike Sharing atau penyewaan moda transportasi jarak pendek menggunakan sepeda.

Kasubag TU UPT Angkutan Dishub Kota Bandung Ade Surya mengatakan dalam rentang 1-30 Juni terjadi peningkatan penyewaan empat kali lipat dibandingkan Juni tahun lalu. Tahun ini, tercatat 2.000 pengguna BOSEH, sementara tahun lalu di bulan yang sama hanya mencapai 500 pengguna.

"Justru ini rekor untuk penggunaan sepeda ini," ujar Ade saat dihubungi , Sabtu (4/7/2020).

Menurut Ade, selain jumlah penyewaan yang meningkat, jumlah pengguna atau penyewa baru BOSEH ini juga meningkat tiga kali lipat. "Sebelumnya jika dibandingkan dengan pengguna baru tahun lalu, bulan ini mencapai 1.000 pengguna baru, kalau kemarin di antara 300-an selama Juni (2019). Jadi kalau dikalkulasikan itu di atas 2.000," kata Ade.

Ia memprediksi jumlah pengguna baru dan penyewa BOSEH akan terus bertambah seiring dengan berjalannya masa AKB. Pengelola pun, ujar Ade, akan terus memantau stasiun sepeda untuk memastikan stok sepeda tersedia.

"Kita ada CCTV, (stasiun/titik BOSEH) yang kosong, tidak akan dibiarkan kosong. Maksudnya, ada stasiun yang ramai ada yang sepi, nah stasion yang kosong sepedanya akan kita drop lagi sepedanya," ujar Ade.

Dari pantauannya, spot peminjaman favorit pengguna berkutat di tiga titik favorit, yakni Cibeunying, Asia Afrika dan di seputaran Gedung Sate. "Di sana luar biasa peminjamannya, mungkin karena treknya itu Jalan Riau, Alun-alun, Cibeunying, Dago, itu memang luar biasa di sana," tutur Ade.

Editor: iboy

Komentar