Ketua Pansus 4 DPRD Kota Bandung Lakukan Raker Dengan Dinkes

Ketua Pansus 4 DPRD Kota Bandung Lakukan Raker Dengan Dinkes

( PAKUAN )

www.hu-pakuan.com Kota Bandung - Panitia Khusus (Pansus) 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung melakukan Rapat Kerja dengan Dinkes, BLUD Parkir dan BLUD Angkutan terkait Pembahasan LKPJ Walikota TA 2019 di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Bandung Jalan Sukabumi nomor 30 Bandung, Rabu (13/5/2020).

Rapat dipimpin Ketua Pansus 4, Iwan Hermawan, diawali pemaparan dan pembahasan LKPJ Walikota di Bidang Kesehatan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita. Rita memaparkan bahwa dari dua rumah sakit milik Pemkot Bandung yakni RSUD dan RSKIA mengalami permasalahan terkait sistem BPJS.

Permasalahan tersebut antara lain rendahnya klaim pembayaran dari BPJS , regulasi BPJS yang sering berubah-ubah, masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang pelayanan BPJS dan masih banyak masyarakat miskin dari luar Kota Bandung yang berobat ke RSUD Kota Bandung ataupun RSKIA.

“Kami berharap kedepan bisa menyelesaikan keluhan-keluhan masyarakat yang semakin meningkat. Namun sampai saat ini keluhan masyarakat tersebut masih bisa teratasi,” ujarnya.

Iwan Hermawan berharap kedepan Dinkes Kota Bandung bisa memberikan perhatian yang lebih terhadap keberadaan puskesmas. “Karena banyak keluhan di tiap daerah yang berbeda-beda soal Puskesmas. Semoga kedepan Dinkes Kota Bandung bisa lebih merencanakan langkah demi langkah program yang mana yang harus diawali dan direalisasikan,” ujar Iwan.

Soal Puskesmas juga disinggung Anggota Pansus 4, Iman Lestariyono yang menanyakan di beberapa lokasi , dokternya tidak berada di tempat. “Jangan sampai perawat yang melayani bukan dokternya ataukah memang ada SOP seperti itu,” tanya Iman. Anggota pansus 4 lainnya, Wawan M Usman menyoroti pelayanan dan sikap kepada pasien terutama BPJS yang harus ditingkatkan.Sedangkan anggota Pansus 4 lainnya menyoroti soal serapan anggaran karena masih ada program yang tidak terealisasi. Seperti yang disoroti Nunung Nurasiah yang meminta Dinkes tidak selalu fokus ke pengadaan sehingga pemeliharaan banyak yang tidak tercapai. (tn/dprd.bdg)

Editor: iboy

Komentar