Tindak Cepat Pemerintahan Tangani Longsor Sungai Cidurian

Tindak Cepat Pemerintahan Tangani Longsor Sungai Cidurian
(PAKUAN)
www.hu-pakuan.com Bandung - Hujan yang mengguyur kota Bandung selama tiga hari berturut-turut mengakibatkan longsor di bantaran Sungai Cidurian, Jalan PHH Mustofa, tepatnya di RT 01 RW 02 Kelurahan Sukapada kecamatan Cibeunying Kidul, Senin (17/2/2020).
Menurut Jaka, salah satu warga dilokasi kejadian menceritakan, sejak kemarin sudah ada retakan di bantaran sungai, dan mungkin hujan deras hari ini yang memicu terjadinya bencana longsor ini. Kondisi Sungai Cidurian setelah terjadi longsor akibat hujan lebat
Menurut ketua RW 2 Kelurahan Sukapada, Agus Derajat (57) mengatakan, bahwa sudah sejak siang tadi ada retak sekitar 12 centi meter dan sudah ditambal sama pemilik kios tas yang berlokasi di tepian sungai tersebut. Lalu sekitar pukul 17.00 WIB tiba-tiba longsor terjadi begitu saja.
Masih menurut Agus, dari kejadian tersebut ada tiga kios yang hanyut ke sungai, kios Las milik pak Sunarman dan juga kios sembako milik istrinya, dan satu lagi kios tas. Semua barang yang ada di ke tiga kios tersebut hanyut terbawa arus sungai.
“Padahal airnya Cuma sedikit, paling setinggi dua meter tapi menghanyutkan semua barang yang ada di kios” ungkapnya.
Dilokasi yang sama, Lurah Sukapada, Suhartomo mengatakan tentang tindakan pemerintahan kelurahan atas kejadian ini mengatakan, bahwa pihak kelurahan setelah mengetahui kejadian ini langsung melakukan koordinasi dengan UPT DAS kota Bandung serta Satgas Citarum Harum, BWS, Kapolsek dan Koramil setempat.
“Setelah dilakukan koordinasi langsung dari pihak UPT dan Citarum Harum besok pagi akan melakukan tindakan berupa perbaikan dan pembersihan”Jelasnya.
Begitu pula dengan Kapolsek Cibeunying Kidul, Kompol Anton Purwantoro SH, saat diwawancara dilokasi tentang langkah apa yang akan dilakukan setelah mengetahui kejadian ini menjelaskan, bahwa dari petugas Polsek bersama rekan-rekan anggota, Babinsa, kelurahan Sukapada, dan Ketua RW 02 dan petugas dari BPBD Provinsi Jabar sudah berkoordinasi untuk penanganan terkikisnya bantaran sungai Cidurian ini.
“Malam ini kami sudah berkoordinasi, karena airnya masih sangat deras dan agak tinggi maka besok akan ditindak lanjuti oleh tim dari BPBD Jabar dan Kota Bandung” Pungkasnya.

Editor: iboy

Komentar