Bandung Champion City, Untuk Peningkatan SDM Masyarakat

Bandung Champion City, Untuk Peningkatan SDM Masyarakat

Kota Bandung, hu-pakuan.com - WAKIL Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mendukung pengembangan wahana wisata pendidikan oleh swasta di Kota Bandung. Terlebih wahana tersebut bisa menjadi destinasi wisata baru di Kota Bandung.

"Saya yakin dan percaya kehadiran Bandung Champion City sebagai sarana indoor edutaintment theme park pertama dan terbesar di Indonesia ini membawa banyak hal positif bagi Kota Bandung," ungkapnya usai peresmian Bandung Champion, Jln. Terusan Jakarta, Kota Bandung, Minggu (6/10/2019).

Menurutnya, terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berkarakter, dan memiliki mental juara menjadi satu target prioritas pembangunan Kota Bandung. Hal itu membutuhkan inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan.

"Satu kunci sukses untuk dapat menciptakan SDM yang unggul tersebut, tentunya juga bergantung pada bagaimana kita dapat menghadirkan sistem pendidikan yang berkualitas. Karena itulah inovasi dalam dunia pendidikan juga mutlak dibutuhkan," jelasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengatakan, yang perlu ditingkatkan lagi dari wisata edukasi, adalah promosi. Sehingga bukan hanya di Kota Bandung, tapi juga secara pasar regional bahkan internasional.

"Promosi harus terus digencarkan oleh wisata edukasi, apalagi yang sifatnya tematik. Dan kami siap berkolaborasi dalam memaksimalkan promosi tersebut," katanya.

Pihaknya kini tengah memetakan jalur-jalur wisata, termasuk untuk segmen edukasi. Dimana dengan adanya titik-titik wisata tersebut, akan semakin menambah ragam wisata dan menarik minat wisatawan.

"Seperti untuk wisata edukasi bisa juga melakukan kolaborasi dengan dinas pendidikan dan sekolah-sekolah. Dengan demikian, bisa tetap terus berjalan dan bertambah, paling tidak di Jawa Barat," ucapnya.

Dikatakannya dengan bertambahnya wahana wisata edukasi akan berkontribusi pada wisata Kota Bandung. Mengingat untuk wisata anak sekolah atau pelajar, juga akan membantu meningkatkan sektor lainnya.

"Contohnya dengan berkunjungnya anak sekolah, jika dengan orang tuanya maka hotel-hotel di Kota Bandung semakin terisi. Jadi banyak potensi wisata, tinggal kita gali dan maksimalkan," tambahnya

Editor: irsyad

Komentar