Rapat Paripurna, Sumpah Janji DPRD Kota Bandung Masa Jabatan 2019 - 2024

Rapat Paripurna, Sumpah Janji DPRD Kota Bandung Masa Jabatan 2019 - 2024

Kota Bandung, hu-pakuan.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung melaksanakan sidang paripurna dengan agenda pengucapan sumpah/janji untuk tiga pimpinan DPRD Kota Bandung masa jabatan tahun 2019-2024 pada Senin (30/9/2019).

Ketiga unsur pimpinan yang diambil sumpahnya adalah Teddy Rusmawan sebagai Ketua DPRD dari Partai Keadilan Sosial (PKS), Ade Supriadi sebagai Wakil Ketua DPRD dari Gerindra, dan Edwin Senjaya sebagai Wakil Ketua dari Golkar.

Sementara, calon Wakil Ketua DPRD dari PDIP yaitu Achmad Nugraha tidak bisa mengikuti sumpah jabatan sebagai pimpinan DPRD, lantaran yang bersangkutan belum dilakukan sumpah janji jabatan sebagai anggota DPRD Kota Bandung periode 2019-2024. Sehingga, khusus Achmad Nugraha dilakukan sumpah jabatan sebagai anggota DPRD Kota Bandung dalam sidang paripurna.

Hadir dalam rapat paripurna kali ini, Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Rapat paripurna dipimpin Ketua Sementara DPRD, Yudi Cahyadi. Sedang pengambilan sumpah para pimpinan DPRD definitif ini dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bandung Edison Muhammad.

Ketua Sementara DPRD Kota Bandung Yudi Cahyadi mengatakan bahwa Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Bandung disahkan melalui Keputusan Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat.

"Kami selaku Pimpinan Sementara DPRD telah menyampaikan kelengkapan persyaratan mengenai penetapan calon pimpinan DPRD ini kepada Gubernur Jawa Barat melalui Wali Kota Bandung untuk diproses lebih lanjut guna memperoleh Keputusan Gubernur mengenai peresmiannya.

Selanjutnya, kami telah menerima Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor: 170/Kep.781-Pemksm/2019 tanggal 26 September 2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kota Bandung Masa Jabatan 2019-2024," ujar Yudi.

Di akhir jabatannya, Yudi Cahyadi selaku Ketua Sementara ini menyatakan undur diri melalui sidang kemarin. Pihaknya, atas nama Pimpinan Sementara DPRD menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, khususnya kepada rekan-rekan anggota DPRD Kota Bandung masa jabatan 2019-2024, maupun kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril dan spirituil.

"Sehingga amanat yang diberikan kepada kami untuk melaksanakan tugas selaku Pimpinan Sementara DPRD dapat dilaksanakan," ucapnya.

Dia menambahkan, rapat paripurna ini merupakan kesempatan terakhir dan dalam memimpin rapat paripurna, sekaligus menandai berakhirnya tugasnya selaku Pimpinan Sementara DPRD. Untuk selanjutnya, kepemimpinan akan dipegang oleh Pimpinan DPRD Masa Jabatan 2019-2024.

"Hari ini kami telah dilantik untuk selaku Pimpinan DPRD Kota Bandung. Kami berempat berasal dari warna baju yang berbeda, namun kami sepakat bahwa baju itu harus kami tanggalkan ketika kami bicara atas nama pimpinan dan anggota DPRD. Dan kami sepakat warna baju tidak lagi kami pakai ketika kami harus bicara tentang kepentingan masyarakat Kota Bandung," pungkas Teddy Rusmawan.

Editor: irsyad

Komentar