hegun : pemuda kota Bandung ikut dalam penganganan PMKS

hegun : pemuda kota Bandung ikut dalam penganganan PMKS Hendra Guntara Ketua KNPI Kota Bandung

(pakuan ) Kota Bandung . Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung gelar Forum Group Discussion (FGD) dengan mengusung tema "Penanganan Anak Jalanan Kota Bandung".

Ketua DPD KNPI Kota Bandung Hendra Guntara mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka refleksi hari sumpah pemuda yang ke-90.

Menurutnya, saat ini masih banyak persoalan yang ada di Kota Bandung, satu diantaranya adalah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) seperti anak jalanan.

Hegun sapaanya, ingin muda-mudi Bandung juga ikut berperan dalam penanganan anak jalanan. Oleh karena itu, kegiatan FGD ini berupaya mengintegrasikan antara pemerintah dengan lembaga kepemudaan di Kota Bandung.

Hal ini tidak terlepas dari harapannya agar pemuda tetap senantiasa peduli dan membantu pemerintah dari berbagai aspek sesuai dengan penghargaan yang sudah diraih.

"Kemitraan KNPI ini bukan satu arah dengan Dispora saja, tapi KNPI ini juga memiliki saran dan sumbangsih pemikiran pemuda menyoroti berbagai aspek satu diantaranya yaitu penanganan anak jalanan dengan Dinas Sosial," ucapnya, di Jalan Otto Iskandar Dinata, Kota Bandung, Selasa, (30/10).

Hegun mengungkapkan, hasil kegiatan diskusi tersebut nantinya akan dijadikan rekomendasi dari DPD KNPI Kota Bandung guna menuntaskan persoalan anak jalanan.

"Sebagai generasi muda nilai kekritisan harus selalu ditingkatkan, satu diantaranya melalui FGD dan hasil dari FGD ini akan kami dorong ke eksekutif dan legislatif," ungkapnya.

Senada dengan Hegun, Ketua Panitia sekaligus Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Sosial (Kesos) DPD KNPI Kota Bandung, Nenden Mulyani menuturkan, kegiatan tersebut merupakan sebuah upaya DPD KNPI Kota Bandung dalam mencari solusi penanganan anak jalanan di Kota Bandung.

"Kami mencoba mencari solusi penanganan anak jalanan dan secara administrasi mereka tidak terdaftar di Kota Bandung, tapi mereka sudah di kota Bandung maka, kami harus berperan bersama dinas sosial, sekaligus garda di masing-nasing rw harus di bagi perwilayah untuk penanganan anak jalanan ini," tuturnya.

 

Ditemui di tempat yang sama, Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung, Achmad Nugraha mengapresiasi kegiatan diskusi yang dilakukan DPD KNPI dan pihaknya akan berupaya untuk merespon hasil dari diskusi tersebut.

 

Achmad menilai, pemuda harus berperan dalam segala aspek, begitupun dalam aspek sosial dan bisa menawarkan solusi untuk pemerintah. Sebab pemerintah perlu kerjasama semua elemen, khususnya dalam penanganan anak jalanan.

 

"Apresiasi untuk KNPI dengan penyelenggaraan FGD menyoal penanggulangan anak jalanan di kota Bandung, dan tidak kalah penting adalah jangan mudah menyerah untuk terus berbuat agar terus mengedukasi semua kalangan agar kesadaran bukan hanya ada di pemuda, tapi harus ada kolaborasi penanggulangan anak jalanan ini, dan di akhir menyarankan kepada Dinas Sosial untuk melibatkan para aktifis sosial yang sudah konsen di penanggulangan anak jalanan nanti di PUSKESOS," pungkasnya

Editor: Asep Robin

Komentar