Barata Go To School Untuk Siswa Mencintai Seni Budaya

Barata Go To School Untuk Siswa Mencintai Seni Budaya

Kota Bandung, PAKUAN - Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bandung mempunyai program unggulan  yang tujuannya meningkatkan keberadaan kesenian dan kebudayaan sunda atau Bandung lebih tersasa oleh orang yang berkunjung ke Kota Bandung Khususnya. adapBEBERAPA tempat usaha pariwisata seperti hotel, mal, dan bandara di Kota Bandung kini semakin semarak setelah adanya Program "Bandung Karasana Nyata (Barata). Ini merupakan salah satu kemasan acara pentas seni budaya yang dihadirkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

 

Kepala Bidang Produk Seni Budaya Disbudpar Kota Bandung, Sigit Iskandar, mengatakan, Disbudpar mencetuskan program Barata dengan cara edukasi dan tampilan. Hal ini dibuktikan dengan memberikan surat edaran ke beberapan pengusaha pariwisata seperti bandara, hotel, mal dan restoran agar setiap peresmian acara dan setiap weekend untuk mengadakan acara seni tradisi. Tujuannya, selain meningkatkan omzet bisa juga sebagai ajang pelestarian dan edukasi kepada wisatawan lokal maunpun mancanegara bahwa Bandung itu sebagai kota seni dan budaya.

Program Barata telah bekerja sama dengan 80 hotel di Kota Bandung. "Kita sebar para seniman tradisi untuk mengisi kegiatan di hotel-hotel. Tujuannya agar para tamu hotel dapat merasakan, melihat, mendengar, sekaligus dapat menikmati nuansa khas Kota Bandung. Begitupun para seniman dapat diberdayakan untuk mengisi kegiatan di hotel-hotel, bandara, mal dan ruang publik lain yang telah berkerja sama dengan Disbudpar Kota Bandung," kata Sigit.

Selain kegiatan tersebut, Program Barata pun sudah mulai berjalan di beberapa sekolah dasar di Kota Bandung. Tujuannya antara lain memberikan edukasi terkait pengetahuan dan pembelajaran kepada siswa sekolah mengenai alat-alat musik tradisi khas Sunda dan tampilan kesenian tradisi serta memperkenalkan tokoh seniman Bandung.

Hal ini dibuktikan dengan adanya program “Barata Go to School" dengan harapan siswa siswa sekolah di Bandung akan mengenal dan mencintai seni budaya.

Meskipun baru berjalan sekitar 6 bulan, program Barata sudah mendapat apresiasi dari pemerintah pusat karena dianggap menjalankan Perda 5 Tahun 2012 Tentang Pelestarian Seni dan Budaya.

Kota Bandung, PAKUAN - Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bandung mempunyai program unggulan Barata “Bandung Rasanya” yang tujuannya meningkatkan keberadaan kesenian dan kebudayaan sunda atau Bandung lebih tersasa oleh orang yang berkunjung ke Kota Bandung Khususnya. adapBEBERAPA tempat usaha pariwisata seperti hotel, mal, dan bandara di Kota Bandung kini semakin semarak setelah adanya Program "Bandung Karasana Nyata (Barata). Ini merupakan salah satu kemasan acara pentas seni budaya yang dihadirkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

 

Editor: IRSYAD

Komentar