RAKERNAS APEKSI XIII: ODED DUKUNG DANA KELURAHAN

RAKERNAS APEKSI XIII: ODED DUKUNG DANA KELURAHAN
KOTA BANDUNG, PAKUAN - Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mendukung wacana pemberian dana kelurahan yang sempat digulirkan oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Pasalnya, dana tersebut bisa menyejahterakan rakyat.
"Ke depannya untuk dana desa ini semuanya terbagi, wilayah kelurahan juga akan ada. Artinya dana desa bisa merata,” kata Oded usai menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XII tahun 2018, di Tarakan Plaza Hotel and Convention Centre, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (25/7/2018).
Seperti diketahui, Pengurus Apeksi sempat meminta agar tatanan pemerintah kota, yakni kelurahan juga diberi dana seperti Dana Desa saat bertemu Presiden RI, Joko Widodo di Istana Bogor beberapa waktu lalu. Sebab dengan adanya Dana Kelurahan, akan sangat membantu mengatasi problematika yang terjadi di perkotaan.
Pada Rakernas ini, Oded juga mengajak penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melek teknologi.  Oded meyakini, teknologi dapat meningkatkan produksi.
"Di era digital ini potensi UMKM di daerah masing-masing sangat dibutuhkan. Apalagi Bandung dengan smart city harus menjadi contoh yang lebih baik," ujarnya 
Sementara itu, Wali Kota Tangerang Selatan sekaligus Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Airin Rachmi Diany menyampaikan Rakernas Apeksi XIII itu lebih mengedepankan kerjasama antar daerah. 
Menurutnya, dengan tema 'Penguatan Kerja Sama Antar Daerah Dalam Mengoptimalkan Potensi Daerah' mampu mengembangkan potensi yang dimiliki setiap masing - daerah. 
"Intinya komunikasi antar daerah harus baik itu kunci utamanya,"tegasnya. 
Airin menegaskan, setiap pemerintah kota membutuhkan kerja sama  agar dapat menjembatani kepentingan untuk maju bersama. 
"Kerjasama antar daerah sebagai wahana dan sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterikatan daerah yang satu dengan daerah yang lain, menyerasikan pembangunan daerah, menyinergikan potensi antar daerah," tutur Airin. 
"Teknologi dan informasi, serta komunikasi menjadi hal utama dalam kerjsama antar daerah," tambahnya. 
Dalam Rakernas, diselenggarakan diskusi panel dengan narasumber Staf Khusus Kementerian Koperasi dan UKM, Hermawan Kertajaya, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Pemerintahan Suhajar Diantoro, Dirjen Otda Kemendagri Sumarsono, Direktoral Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Tjahya Widayanti, dan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Editor: IRSYAD

Komentar