HEBRING MENGANGKAN SURVEI INDODATA TERAKHIR

HEBRING MENGANGKAN SURVEI INDODATA TERAKHIR

Kota Bandung, (PAKUAN) – Dalam survey indodata untuk Pemilihan Walokota Bandung yang terakhir dimenangkan oleh calon yang berselogan HEBRING “Hebat dan Ringkas” atau nomor urut 2 Yossi Irianto – Aris Supriatna. Diamana setelah kemenangannya dalam survey yang digelar indodata beberapa waktu lalu, Yossi pun mengajak semua warga Bandung untuk memilih calon pada waktunya dengan pilihan cerdas, logis dan kenali program programnya.

Begitu pula dalam survei yang dirilis Indodata, Rabu 20 Juni 2018  pasangan Yossi Irianto - Aries Supriatna unggul dengan raihan elektabilitas (tingkat keterpilihan) sebesar 38,2 persen, pasangan Nurul Arifin - Chairul Yaqin Hidayat 30,2 persen, sedangkan pasangan Oded M Danial - Yana Mulyana hanya meraih 21,4 persen.

Sebelumnya, Indodata juga telah melakukan tiga kali survei terkait Pilkada Bandung. Pada survei Februari 2018, hasilnya pasangan Yossi - Aries mendapatkan 35,2 persen, sementara Oded- Yana berada di posisi kedua dengan 33,9 persen, dan Nurul - Chairul di posisi ketiga 18,2 persen.

Selanjutnya, survei kedua Indodata pada April 2018. Hasilnya pasangan Oded - Yana mulai mendekati pasangan Yossi - Aris dengan selisih tipis. Pada survei kedua itu, Oded-Yana meraih 35,4 persen dan Yossi-Aris 37,7 persen. Sementara Nurul - Chairul masih di posisi ketiga dengan 19,7 persen.

Kemudian, survei ketiga yang dilakukan Mei 2018, pasangan Yossi - Aries unggul telak dibandingkan paslon lainnya. Paslon Yossi - Aries meraih 38,2 persen dan Oded - Yana di posisi kedua 29,3 persen. Paslon Nurul - Chairul terpaut sedikit dari posisi kedua yakni 27,8 persen.

Direktur Eksekutif Indodata, Danis T Saputra mengatakan, unggulnya Yossi - Aries pada survei terakhir Indodata dikarenakan perilaku pemilih menilai pasangan ini berpengalaman dan dianggap memiliki program yang riil untuk Kota Bandung 2018 - 2023. Juga, kata Danis, pasangan ini mampu merangkul semua kalangan.

"Yossi - Aries bahkan berpeluang menguat menjadi 40-60 persen lantaran dipengaruhi dukungan Ridwan Kamil sebagai wali kota sebelumnya," kata Danis dalam rilis hasil survei di Pasar Cisangkuy, Bandung, Rabu 20 Juni 2018.

Menguatnya elektabilitas Nurul - Chairul diprediksi bakal bertahan di posisi kedua menggantikan Oded - Yana. Pasalnya, penguatan itu dikarenakan penokohan Chairul sebagai cucu HOS Tjokroaminoto dianggap cukup berhasil.

"Image Ibu Risma di Surabaya sebagai pemimpin perempuan yang sukses juga cukup berpengaruh. Pasangan ini juga mampu merangkul aktivis ramah lingkungan," jelas Danis.

Adapun dalam kemenangannya dalam survei, Yossi enggan jemawa atas hasil survei yang dirilis oleh Indodata pada Rabu 20 Juni 2018. Namun Yossi mengaku, hasil survei tersebut menjadi modal untuk menuju kemenangan pada pencoblosan 27 Juni 2018.

"Seperti yang disampaikan kalau hari ini ada yang merilis survei saya terima kasih saja berarti masih on the track memberikan keyakinan kepada masyarakat. Ada pertanyaan optimis atau engga? Ya harus optimis. Tapi optimis juga harus ada perjuangan yang optimal,” ujar Yossi, saat ditemui ditemui di kawasan Jalan Tamansari, Kota Bandung, Rabu 20 Juni 2018.

Namun, Yossi akan lebih fokus untuk merangkul kaum milenial di Kota Bandung yang diakuinya belum tersentuh semua. Terlebih Kota Bandung memiliki ribuan komunitas yang mayoritas dihuni oleh kaum milenial.

"Tentu kaum milenial akan menjadi prioritas di sisa waktu yang ada. Karena semua juga tahu, Bandung kota kreatif dengan banyaknya anak-anak muda. Nah ini akan jadi fokus kami di sisa waktu menjelang pencoblosan," katanya.

 

Editor: IRSYAD

Komentar