Warlan: Debatpublik KPU Pilwalkot Bandung 2018 Yossi Lebih Unggul

Warlan: Debatpublik KPU Pilwalkot Bandung 2018 Yossi Lebih Unggul

Kota Bandung, PAKUAN – KPU Kota Bandung menggelar Debat publik yang  mengusung tema "Lebih Dekat dan Lebih Akrab”. Mengapa mengususng tema tersebut karena dengan keakraban dan kedekatan tersebut bisa mengakibatkan tumbuhnya rasa saling mengakui.

Dimana tiga pasangan calon (Paslon)  yerdiri Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat (1), Yossi Irianto-Aries Supriatna (2), dan Oded M Danial-Yana Mulyana (3). Kemudian, di Pilwalkot Bandung 2018 mengikuti debat publik putaran pertama yang digelar KPU Kota Bandung di Hotel BnB, Minggu (25/3 /2018).

Pengamat Politik dari Universitas Parahyangan (Unpar), Prof Dr Asep Warlan Yusuf yang juga jadi panelis debat menilai, secara umum ketiga paslon memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

"Paslon nomor urut satu cukup bagus dalam mengkritiis dan konsep debat. Nomor urut dua menguasai substansi dan bagus dalam mengkritisi. Sedangkan nomor urut tiga perlu diupgrade karena terlihat demam panggung, terlalu sopan dan terlalu mengakomodir, harusnya ada kritisi," ujar Asep saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (26/3/2018).

Menurut, Asep, pasangan nomor urut dua dianggap unggul lantaran menguasai masalah karena memiliki komposisi dari ‎birokrat dan anggota dewan. Keduanya adalah Yossi Irianto mantan Sekda Kota Bandung dan Aries Supriatna mantan anggota DPRD Kota Bandung.

Asep menilai ketiga paslon belum bisa memberikan komitmen kuat untuk apa yang akan diperbuat jika menang.

"Ketiga paslon masih sebatas memberikan ide dan belum terlalu substansial. Secara komunikasi politik juga masih kurang substansial," ujar Asep.

Asep mengatakan, dari segi efektivitas masih kurang karena ada yang kelebihan waktunya bahkan ada yang masih lama. Seharusnya itu bisa memanfaatkan waktu dalam debat. 

Editor: Irsyad

Komentar