Kolaborasi Pemkot Dan Warga Hadirkan Rumah Layak Huni Dan Taman Di Keluruhan Sukaraja

Kolaborasi Pemkot Dan Warga Hadirkan Rumah Layak Huni Dan Taman Di Keluruhan Sukaraja

Kota Bandung, PAKUAN – Sebanyak 8 unit rumah di kelurahan Sukaraja kecamatan Cicendo Kota Bandung mendapatkan dana bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). Tepatnya berada di RW 02, 03, 05, 07 dan 09. 

Rumah yang diberikan dana bantuan Rutilahu di RW 02 yaitu milik Dodi Supriadi (Jalan Gunung Batu Gg. H. Kosim) dan Duki (Jalan Gunung Batu Gg. Cikahuripan). Untuk RW 03 yaitu rumah Abdul Jabar Hanjuang (Jalan Budhi), di RW 05 milik Ibu Nanih Rukmini dan Ibu Rosnawati (Jalan Sukaraja ll). Sedangkan di RW 07 milik Wawan Setiawan (Jalan Babakan Radio) dan Ibu Mimin (Jalan Mentor GG. Hambali). Terakhir di RW 09 milik Uka di Jalan Gunung Batu No. 93

Sebelum meninjau rumah yang mendapatkan bantuan Rutilahu, Wakil Wali Kota Bandung, Oded. M. Danial meresmikan taman Mentor yang berada di Jalan Mentor Kelurahan Sukaraja RW 07. 

Oded mengatakan, program Rutilahu berbasis APBD Kota Bandung tersebut memberikan kemaslahatan bagi masyarakat yang membutuhkan. Karena dana tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga yang membutuhkan. Tujuannya agar hunian yang sebelumnya tidak layak menjadi layak dan nyaman untuk ditempati. 

"Saya apresiasi unsur kewilayahan di kelurahan Sukaraja ini. Karena telah bersama sama membantu masyarakat dalam memberikan kemanfaatan khususnya tempat tinggal," ujarnya. 

Dipaparkan Oded, dana yang diberikan setiap rumah itu berbeda beda, namun kali ini di kelurahan Sukaraja, antara dana dari program Rutilahu ditambahkan dana swadaya masyarakat sehingga dana terkumpul sekitar Rp 23 juta rupiah. 

"Hasil pengumpulan dana sangat besar. Hal ini membuktikan masyarakat ingin membantu warga sekitar sehingga mendapatkan rumah yang lebih layak," tutur Oded. 

Menurutnya, dengan saling membantu satu sama lain akan mendapatkan barokah dan hasil yang maksimal. 

"Bisa dilihat dengan tambahan dari swadaya masyarakat, rumah hasil perbaikan ini menjadi layak dan nyaman untuk ditempati," ujarnya usai meninjau rumah penerimaan manfaat Rutilahu, Kediaman Ibu Mimin RW 07 Kelurahan Sukaraja, Kamis (8/2/2017). 

Sedangkan taman Mentor yang baru saja diresmikan, Oded mengapresiasi atas hadirnya taman bermain anak-anak. Hal tersebut membuktikan bahwa wilayah mampu memberikan manfaat yang baik berkat kerjasama. 

"Mang oded berharap ke depannya terus memberikan inovasi. Jika hal itu terus hadir maka lingkungan kita akan nyaman untuk ditinggali," ujar Oded. 

Sementara itu, Camat Cicendo, Fajar Kurniawan menyampaikan, di Kecamatan Cicendo yang mendapat program Rutilahu itu sebanyak 28 unit rumah yang dananya berjumlah sekitar Rp 489 juta. 

Untuk di keluruhan Sukaraja, Pasirkaliki dan Pamoyanan masing masing terdapat 8 unit rumah yang menerima bantuan Rutilahu. Khusus di keluruhan Sukaraja, 8 unit rumah yang mendapatkan Rutilahu dengan jumlah dana sekitar Rp 139 juta. 

"Alhamdulilah kecamatan Cicendo masyarakatnya ikut serta kepada warga yang membutuhkan. Contohnya kali ini dengan hasil swadaya masyarakat bisa membantu saat dibutuhkan," tutur fajar.

Editor: Asep Robin

Komentar