OLEH OLEH RIDWAN KAMIL DARI BELGIA

OLEH OLEH RIDWAN KAMIL DARI BELGIA
PAKUAN - Sepulang dari Belgia, Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil membawa banyak kabar gembira. Kini, Kota Bandung punya Little Bandung Mobile di Kota Namur. Little Bandung pertama di Eropa Timur itu diresmikan langsung oleh Ridwan dan Wali Kota Namur Maxime Prévot.
Little Bandung Mobile itu merupakan bagian dari hasil kerja sama Sister City antara kedua kota itu. Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerjasama itu resmi ditandatangani pula saat kunjungan tersebut.
"Saya menandatangani kerjasama ekonomi terkait pembangunan infrastruktur perkotaan. Saya tandatangani sister city dengan Kota Namur," ungkap Ridwan di Jalan Cipaku Kota Bandung, Senin (16/10/2017).
Kerja sama antara Bandung dan Namur meliputi berbagai bidang, yakni pengembangan teknologi informatika, pengembangan ekonomi dan perdagangan, pengembangan kapasitas teknik dan manajemen tata pemerintahan, pengembangan SDM, lingkungan, pertukaran budaya, dan pariwisata.
Tak hanya di Belgia, pemerintah kota juga menjajaki Little Bandung di tiga kota, yakni Bucharest (Rumania), Praha (Ceko), dan Kiev (Ukraina). Tujuannya untuk mempromosikan Little Bandung kepada para pelaku bisnis di wilayah tersebut melalui Kedutaan Besar RI di tiap-tiap kota.
Di Bucharest, Ridwan juga didaulat menjadi dosen tamu dan memberikan kuliah umum di The Romanian Institute for Europe-Asia Studies di Bucharest, serta menjadi anggota kehormatan institut tersebut.
Kepala Bagian Kerjasama Setda Kota Bandung Dodit Ardian Pancapana menambahkan, kunjungan kerja ke Bucharest juga membuka peluang Kota Bandung untuk mengirimkan tenaga magang.
"Dalam kunjungan di Bucharest dan Praha, KBRI menawarkan kesempatan bagi pemkot Bandung untuk mengirimkan tenaga-tenaga kerja yang memiliki keahlian untuk bekerja atau magang di kota-kota di Bucharest atau Praha," tutur Dodit.
Kota Bandung juga turut berpartisipasi dalam ajang Europalia. Ajang tersebut merupakan festival seni dan budaya internasional yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali di Belgia dan negara sekitarnya.
Tahun 2017 ini Indonesia, melalui Kedutaan Besar RI di Brussels, terpilih menjadi tuan rumah acara. Di ajang tersebut, delegasi budaya dari Bandung turut tampil memeriahkan acara. 

Editor: Asep Robin

Komentar