PEMIMPIN SEBAGAI PANUTAN MASYARAKAT

PEMIMPIN SEBAGAI PANUTAN MASYARAKAT

Kota Bandung, PAKUAN - Terdapat 4 hal yang perlu dimiliki sebagai pemimpin. Diantaranya membimbing, mensejahterakan warga, mengahdirkan rasa aman dan keadilan untuk masyarakat. 

Hal tersebut dikemukakan oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial pada saat melaksanakan Bantuan Sosial (Baksos) bersama warga Kelurahan Tanaman dari Kecamatan Bandung Wetan, di Taman Film Kota Bandung, beberapa waktulalu.

Lanjutnya, pertama sebagai pemimpin itu harus bisa membimbing masyarakatnya ke jalan yang lebih baik. 

"Maka baik itu kepala keluarga, ketua RT ataupun yang berkedudukan tinggi, yang terpenting ialah bisa membimbing masyarakat ataupun keluarga nya dalam hal hal positif agar menjadi panutan di lingkungannya. "tuturnya. 

Ditambahkan Oded, yang kedua sebagai pemimpin itu harus bisa mensejahterakan masyarakat. Sejahtera hidupnya terpenuhi tidak ada kekurangan. 

"Jadi pemimpin selain bisa membimbing, juga bisa mensejahterakan masyarakat. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat bisa merasakan bawah seorang pemimpin itu bisa berusaha memberikan yang terbaik,"ujar Oded. 

Lanjutnya, ciri pemimpin yang ke tiga ialah bisa menghadirkan rasa aman dan nyaman. Pemimpin itu bisa menjaga wilayahnya agar nyaman dan masyarakat pun tenteram. 

"Oleh karena itu pemimpin wajib menjaga ketentraman wilayah. Hal ini diperlukan agar masyarakat bisa merasakan kenyamanan di tempat tinggalnya,"jelasnya. 

Ditambahkan Oded, yang terakhir ciri pemimpin itu memberikan keadilan untuk warga. 

"Ini pun penting sekali, masyarakat tidak akan nyaman dan tentram jika tidak adil pemimpinnya. Maka dari itu pemimpin harus memiliki ke empat ciri tersebut. Insya Allah jika seorang pemimpin mempunyai ciri ciri seperti nya itu, maka wilayahnya akan aman dan sejahtera dengan keadilan yang dimilikinya,"pungkasnya oded. 

 

Editor: Irsyad

Komentar