Silaturahmi Paguron Pencak Sebagai Awal Pelestarian Budaya Sunda

Silaturahmi Paguron Pencak Sebagai Awal Pelestarian Budaya Sunda

Kota Bandung, PAKUAN – Pencak Silat merupakan salah satu Kebudayaan seni Sunda yang menjadi ciri khas masyarakat Jawa Barat dan Kota Bandung khususnya. Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial pada acara silaturahmi Paguron Pencak Silat Dharma Pusaka Panca Indra Se-Kecamatan Cibiru di Lapang Volley Galidas, Kel. Cipadung, Kec Cibiru, beberapa waktu lalu.

 Lebih lanjut dikatakan Wakil Walikota Bandung dirinya mengapresiasi kegiatan tersebut, dan  berjanji akan mengawal pembangunan serta anggaran bagi Kesenian sunda di Kecamatan Cibiru.

 "Nanti di Bulan September akan ada rumah budaya di Cibiru yang bisa diisi kegiatan budaya pencak silat,  jaipong atau bahkan pementasan-pementasan bagi warga Cibiru," tegasnya.

 Wakil Wali Kota yang akrab di sapa Mang Oded in juga menambahkan bahwa demi menjaga budaya dan seni sunda agar tidak tergeser masyarakat harus mau melestarikan dengan usaha yang lebih.

 "Ada  istilah Sunda yang berbunyi, jati tong kasilih ku junti yang artinya budaya asli sunda jangan sampai tergeser oleh budaya lain, terutama seni budaya Pencak silat ," tutur Mang Oded.

 Ia juga mengingatkan bahwa Pencak silat merupakan kesenian budaya luar biasa yang menjadi warisan leluhur sunda. Untuk itu Mang Oded mengatakan dirinya berjanji akan mengawal anggaran untuk mendukung kesenian Pencak Silat di 2018.

 "Di 2018 saya Akan minta ke Disbudpar  denganggarkan untuk pasanggiri dari tingkat kecamatan sampai tingkat kota Bandung," tegasnya.

 Lebih lanjut Mang Oded mengatakan juga sebab selain warga Bandung sendiri siapa lagi yang bisa menjaga Kesenian Pencak Silat Dan Budaya Sunda warisan leluhur Dan Pemerintah akan Mendukung dengan memberikan sokongan anggaran agar usaha inI bisa berjalan.

 "Harus terus digalakkan dan kedepan seni beladiri Pencak Silat  harus jadi tontonan maupun tuntunan bagi Kita semua , nah kami sebagai Pemerintah Akan membantu dari kebjakan Dan anggaran karena usaha pun harus didukung pendanaan agar bisa optimal hasilnya," pungkasnya.

Editor: Irsyad

Komentar